Ini Caranya Agar Tabungan Bertambah

Wanita menabung.
Sumber :
  • HaloMoney

VIVA.co.id - Apakah saat ini Anda sudah punya target menabung untuk suatu keperluan? Menabung merupakan salah satu jalan terbaik untuk meraih suatu tujuan seperti pergi berlibur atau melanjutkan kuliah.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Anda bisa melakukannya dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan saat ini dan pisahkan rekening tabungan dari rekening harian agar dana tabungan tidak terganggu.

Jika ada yang bertanya cara untuk punya uang dan tabungan yang lebih banyak, maka sebagian dari Anda mungkin akan menjawab untuk menambah penghasilan atau meminta kenaikan gaji. Kalau penghasilan dan gaji naik, otomatis tabungan bisa makin cepat terisi selama tidak boros.
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat tabungan lebih cepat terisi tanpa meningkatkan gaji atau mencari penghasilan tambahan. Hal ini perlu dipikirkan baik-baik karena meminta kenaikkan gaji atau mencari bisnis sampingan pada dasarnya bukan hal yang mudah untuk dilakukan.
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Oke, sekarang coba simak beberapa tips untuk menambah tabungan tanpa perlu mencari penghasilan tambahan lagi:

1. Manfaatkan fasilitas auto-deposit dari bank

Sebelum menjalankan tips yang lain, fitur yang satu ini sebaiknya diaktifkan sejak awal. Anda bisa memanfaatkan fasilitas auto-deposit yang disediakan oleh bank untuk memindahkan secara otomatis sejumlah tertentu dari rekening transaksi harian ke rekening tabungan. 

Dengan fasilitas ini, kamu akan dibuat ‘seolah’ lupa dengan jumlah uang yang dipindahkan otomatis tersebut sehingga dana tersebut aman dari jangkauanmu untuk digunakan. Alternatif lainnya, munculkan kebiasaan untuk memindahkan sebagian penghasilan ke rekening tabungan begitu menerima gaji atau pemasukan.

2. Kumpulkan uang receh

Saat membayar untuk makan siang di kantin atau belanja snack di supermarket, seringkali mendapat kembalian dalam bentuk receh. Jangan biarkan uang receh yang diperoleh tercecer.

Kumpulkan uang receh tersebut dalam satu botol toples. Anda akan terkejut sendiri berapa jumlah yang berhasil kamu kumpulkan dalam satu tahun.

Misalkan menabung receh setiap hari sebesar Rp1.000. Dalam satu bulan (30 hari), kamu dapat mengumpulkan receh hingga Rp30 ribu. Jumlah yang akan terkumpul dalam satu tahun (12 bulan) adalah Rp360 ribu. Meskipun tidak banyak, jumlah ini tentunya membantu untuk menambah tabungan.

3. Periksa dan lakukan penghematan atas pengeluaran non esensial

Pengeluaran yang tidak esensial adalah pengeluaran yang tidak wajib dikeluarkan untuk hidup sehari-hari. Kalau sering menghamburkan uang untuk makan junk food, merokok, atau kegiatan lain yang tidak sehat, Anda bisa coba untuk menguranginya atau bahkan benar-benar menghilangkannya.

Lebih mudah memotong pengeluaran sendiri daripada meningkatkan penghasilan bulanan, bukan?


4. Manfaatkan aplikasi dan situs yang menjual/menyediakan voucher diskon

Saat ini ada banyak sekali situs dan aplikasi di Indonesia yang menawarkan kupon atau voucher diskon. Manfaatkan situs ini untuk membeli barang atau kebutuhan lain yang memang dibutuhkan saja agar kamu tidak menjadi boros. Anda juga bisa mengajak teman apabila syarat penggunaan voucher/kupon diskon tersebut cukup berat.


5. Jika mendapat cashback, gunakan untuk mengisi tabungan

Cara terakhir yang dapat membantu adalah dengan menggunakan kartu kredit dan memanfaatkan program cashback. Kalau berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari, akan sering menjumpai toko atau supermarket yang bekerja sama dengan bank penyedia kartu kredit tertentu untuk program cashback.

Jumlah cashback ini membantu dalam menambah meningkatkan penghematan yang bisa kamu lakukan setiap bulan. Segera masukkan jumlah cashback tersebut ke dalam rekening tabungan untuk menambah nilai tabungan agar tidak tergoda untuk menggunakannya di pengeluaran yang lain.


Kunci dari menambah nilai tabungan adalah niat untuk melaksanakan berbagai cara di atas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya