Sikap Presiden Boikot Produk Israel Sangat Baik

Mantan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay, mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo terkait inisiatif memboikot produk Israel di banyak negara. Khususnya, negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Pilkada 2020, Demokrat dan Golkar Sepakat Usung 33 Paslon

“Karena itu inisiatif, harus ditindaklunjuti dengan langkah konkrit. Setidaknya, inisiatif ini bisa dimulai dari Indonesia,” ujar Saleh di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 8 Maret 2016.

Presiden bisa langsung menginstruksikan Kementerian Perdagangan untuk menelusuri produk-produk Israel yang ada di Indonesia. Selanjutnya, kata dia, bisa berkoordinasi dengan Bea Cukai untuk memonitor masuknya barang-barang tersebut ke Indonesia.

Ketua Jokowi Mania Masuk Partai Golkar?

Saleh menambahkan, inisiatif Presiden Jokowi untuk memboikot produk-produk Israel di Indonesia adalah bagian dari keberpihakan pemerintah terhadap Palestina.

Ia berharap, langkah ini dapat menekan Israel untuk segera mengikuti inisiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Aburizal Bakrie Dukung Semangat Anak Muda Lalui Pandemi COVID-19

“Namun harus disadari, langkah ini hanya akan efektif jika semua negara ikut ambil bagian,” kata Politikus PAN itu.

Sementara itu mantan Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso menilai sikap Jokowi sangat baik. Ini suatu ketegasan seorang kepala negara.

"Saya rasa ini suatu langkah yang baik dari seorang kepala negara. Semoga niat ini benar-benar terlaksana dalam memboikot produk israel," ujarnya.

Selain itu, ia menyarankan agar tindak lanjutnya Presiden melakukan komunikasi secara masif. Hal ini agar pernyataan itu bukan hanya sekedar pernyataan.

"Semoga saja besok kita bisa melakukan hal-hal yang lebih baik. Indonesia harus tegas dalam melakukan hal ini," katanya. (rin)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya