Ikuti Cara Jitu Ini Jika Ingin Jadi Pengusaha

Pengusaha
Sumber :
  • HaloMoney

VIVA.co.id - Pembicaraan memulai suatu bisnis bukanlah perkara mudah. Tidak cukup dengan bekal ide semata, bisnis juga memerlukan banyak pertimbangan sebelum dimulai.  Dibutuhkan modal dan rencana untuk mewujudkan impian memiliki bisnis sendiri.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Mendapatkan investor memang salah satu jalannya, apalagi kalau ingin membantun sebuat startup ataupun bisnis lain yang membutuhkan modal cukup tinggi. Sayangnya, mencari investor untuk memulai bisnis itu tidaklah mudah. Perlu usaha keras agar dapat memulai dan menjalankan bisnis sendiri dengan sukses.

Agar ide bisnis dapat terwujud dan bisa dipertahankan untuk tetap berjalan, simak enam strategi untuk memulai karier sebagi seorang pengusaha berikut:
Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

1. Belajar dari kisah sukses bisnis lain
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Agar bisnis dapat menjadi sukses, amati dan belajarlah dari bisnis lain di sekitar Anda yang sudah sukses. Bisa juga mengamati bisnis yang yang bergerak di bidang yang mirip dengan bisnis yang akan Anda mulai dan belajar bagaimana mereka bisa menjadi sukses. Tapi ingat ya, hal ini bukan berarti mencontek mentah-mentah seluruh ide produk dan aktivitas bisnis mereka.


2. Kenali dan amati kondisi pasar yang menjadi target bisnis 

Sebelum memulai bisnis, teliti dan pahami kesempatan-kesempatan dan celah bisnis yang ada di pasar. Apakah produk Anda sudah ada di sana? Kalau ada kompetitor, apa yang bisa membuat produk menjadi lebih terlihat? Apa yang membuat produk lebih baik dan apa unique selling point dari bisnis Anda? Lakukan analisis terhadap kondisi pasar sebagai tahap awal menjalankan bisnis.

3. Buat sendiri website untuk mempromosikan bisnis 

Jika modal tidak banyak, Anda bisa membuat sendiri website untuk mempromosikan bisnis. Saat ini, membuat website sudah tidak perlu pengetahuan coding yang mumpuni.

Banyak template website gratis yang bisa diperoleh dan Anda juga bisa melakukan beberapa kustomisasi untuk membuat tampilannya menjadi lebih ciamik!

4. Hemat terhadap pengeluaran pribadi sebagai modal untuk bisnis

Dalam memulai bisnis baru, gaji bulanan tidak akan cukup untuk membiayainya, Anda harus bersiap untuk menekan pengeluaran pribadi sebanyak mungkin.

Bisa menghemat dengan banyak cara, seperti pakai transportasi umum, bawa bekal dari rumah, atau cara lain yang bisa membantu menekan pengeluaran. Kumpulkan modal sebanyak mungkin untuk memulai bisnis.


5. Persiapkan insentif menarik bagi calon konsumen

Nah, di jaman modern seperti sekarang ini, insentif untuk mendorong omzet penjualan bisnis sangat mudah untuk dibuat. Masyarakat di Indonesia sangat gemar membagikan konten menarik di media sosial. Berikan sesuatu yang mereka suka dengan syarat mereka harus membagi konten atau promosi bisnis.

Sebagai contoh, Anda bisa memberikan voucher diskon dengan syarat salah satu konten di website kamu di-share di media sosial. Atau, bisa juga memberikan voucher makanan gratis saat ada pelanggan yang berfoto di stand restoran dan membagikannya di media sosial.

6. Manfaatkan pinjaman sebagai modal untuk memulai bisnis

Cara lain untuk memulai bisnis adalah dengan mengajukan pinjaman. Modal berbentuk pinjaman memiliki kelebihan sendiri dibandingkan dengan modal berbentuk saham dari investor.

Keunggulan utama menggunakan modal pinjaman adalah  tidak perlu merelakan bagian kepemilikan bisnis Anda terhadap orang asing atau investor tersebut.


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya