Gerhana Matahari Total, Trafik XL dan Telkomsel Melonjak

Gerhana Matahari Total 2016 di Belitung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Gerhana Matahari Total (GMT) telah berlangsung kemarin dan berjalan lancar, meski di beberapa di daerah terkendala awan dan asap pabrik. Momen itu juga dirasakan oleh para operator telekomunikasi, seperti XL dan Telkomsel.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

Kedua penyelenggara telekomunikasi ini mengaku sukses melayani pelanggan selama terjadinya fenomena alam langka yang melintasi berbagai wilayah Indonesia tersebut. Bahkan, trafik komunikasi yang berada di jaringannya meningkat pesat dari hari biasa.

"Seperti yang telah kami prediksi, fenomena GMT akan diabadikan oleh masyarakat luas. Lalu mereka akan berbagi foto dan videonya mengenai gerhana tersebut ke mana saja. Selain GMT, masyarakat yang mengabadikan foto dan videonya secara serentak di waktu bersamaan ini merupakan salah satu fenomena tersediri di era digital," ujar Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya dalam siaran persnya, Kamis, 10 Maret 2016.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

XL mendeteksi ada kenaikan trafik di jaringan 2G, 3G, dan 4G yang melonjak hingga lebih dari 40 persen dibandingkan trafik rata-rata di hari biasa, baik uplink maupun downlink. Kenaikan trafik ini terlihat jelas di area pengamatan GMT, yakni Belitung, Palembang, Palangkaraya, dan Balikapapan yang memang jadi jalur lintasan GMT.

Di Palembang dan Palangkaraya terjadi kenaikan trafik lebih dari 30 persen dan Balikpapan lebih dari 100 persen. Trafik data juga naik di Jakarta sebesar lebih dari 30 persen.

XL Axiata Lagi Semringah

"Di Belitung, lonjakan trafik sangat mencolok terjadi pada layanan 4G LTE, yaitu hingga 3.350 persen. Untuk layanan 3G, trafik juga naik signifikan mencapai 75 persen. Demikian juga pemakaian data melalui jaringan 2G, trafik naik sebesar 85 persen dibanding hari-hari biasa," ungkap Yesssie.

Sementara Telkomsel yang fokus pada pelayanan di Belitung saat GMT, mengaku sukses menjaga kualitas internet cepat 4G LTE saat momen itu berlangsung. Telkomsel mengatakan, ada kenaikan sebesar 387 persen dibandingkan hari normal, saat GMT berlangsung di Pantai Kelayang dan Tanjung Tinggi.

"Jaringan kami sukses mengawal peristiwa Gerhana Matahari Total di Belitung dengan amat baik. Sejauh ini, tidak ada kendala yang berarti dan pelanggan tetap bisa menikmati layanan 4G Telkomsel dengan kualitas terbaik. Sekalipun terjadi lonjakan trafik komunikasi di lokasi-lokasi yang dipadati oleh wisatawan," ucap Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi.

Selain peningkatan trafik layanan data, juga terjadi peningkatan pengguna roamers di Belitung, dengan kenaikan sebesar 44 persen yang kebanyakan dari wisatawan mancanegara asal Malaysia, Singapura, Cina dan Amerika Serikat.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya