Waspada, Anak Gemuk Berpotensi Derita Penyakit Ginjal

Ilustrasi anak obesitas.
Sumber :

VIVA.co.id - Selama ini masyarakat Indonesia terbiasa menilai bahwa anak gemuk itu lucu, menggemaskan dan sehat. Sehingga banyak orangtua yang memiliki anak bertubuh kurus, merasa malu karena sering dianggap kurang gizi. Padahal tubuh gemuk tidak selalu berarti sehat, dan tubuh kurus bukan berarti tidak sehat.

Obesitas pada Anak Jangan Dianggap Lucu

Berdasarkan data UNICEF tahun 2012, jumlah anak obesitas di Indonesia adalah yang tertinggi jika dibandingkan dengan negara lain di ASEAN, yakni sebesar 12,2 persen. Jumlah ini dua kali lebih besar dari negara tetangga, Malaysia yang hanya 6 persen.

"Anak gemuk itu tidak sehat. Kalau masyarakat kita berpikir seperti itu, maka orangtua akan berupaya agar anaknya tidak sampai obesitas. Yang terjadi saat ini, orangtua tidak tahu kalau gemuk tidak sehat, jadi mereka membiarkan anaknya gemuk," ujar Dokter Ahli Ginjal Anak FKUI RSCM, Dr.dr.Sudung O Pardede Sp.A(K), dalam acara Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2016, di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Maret 2016.

Sepuluh Tanda Anda Punya Penyakit Ginjal

Hal ini cukup mengkhawatirkan, mengingat bahwa obesitas merupakan hasil gaya hidup tidak sehat. Dan tentunya menjadi salah satu faktor risiko penyakit ginjal.

Ia mengungkapkan, secara tidak langsung obesitas berperan dalam peningkatan kadar lemak yang berpengaruh pada pembuluh darah atau metabolisme lemak, dan juga peningkatan tekanan darah atau hipertensi.

Tips Mencegah Obesitas Pada Anak

"Dan berpengaruh langsung pada ginjal, yaitu pengeluaran albumin pada kemihnya yang sebabkan gangguan ginjal," ungkapnya. 

Dalam World Kidney Day atau Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2016 yang diperingati setiap Kamis minggu kedua bulan Maret, Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) bersama Danone Aqua, mengajak seluruh lapisan masyarakat, orangtua, petugas kesehatan, pemerintah untuk meningkatkan kesadaran dan mengatasi penyakit ginjal pada anak. 

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya