Tim Khusus Penjaga Harga Gabah Dibentuk

Menteri pertanian Amran Sulaiman
Sumber :
  • istimewa

VIVA.co.id - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) akan segera membentuk tim khusus dalam menjaga kestabilan harga gabah di tingkat petani yang mengalami penurunan usai musim panen. Saat ini, harga gabah di tingkat petani berada di kisaran Rp3.000.

DPR Desak Pemerintah Intervensi Harga Bahan Pokok
Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan, pembentukan tim khusus ini didasari atas temuan harga gabah di tingkat petani yang berada di bawah rata-rata Harga Pokok Pembelian, sesuai yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebelumnya.
 
Harga Gabah Timpang, Peran Bulog Diminta Ditingkatkan
“Kami baru saja dari 18 Kabupaten, dan kami lihat langsung di lapangan. Dalam dua minggu terakhir, harga gabah jatuh di Rp3.000,” kata Amran dalam konferensi pers dikantornya, Jakarta, Kamis 10 Maret 2016.
 
Pedagang Pasar Janji Jaga Stabilitas Harga Pangan
Tim khusus ini, nantinya akan berupaya untuk menyerap kelebihan pasokan gabah yang saat ini sudah mulai membeludak. Amran menargetkan dalam tiga bulan ke depan, tim khusus ini mampu menyerap setidaknya empat juta ton pasokan gabah.
 
"Atas arahan Presiden, kami ambil keputusan untuk membentuk tim. Insya Allah, sampai Mei kami targetkan bisa menyerap 3 juta ton-4 juta ton gabah,” ujar Amran.
 
Sebagai informasi, tim khusus ini akan dinakhodai oleh Kementan dengan anggota dari Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik, Komisi Pengawas Persaingan Usaha hingga TNI juga dilibatkan.  “Nanti Kadis (Kepala Dinas) Provinsi akan ikut membantu,” tambah Amran.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya