Harga Baru BBM Siap Diumumkan Akhir Maret 2016

Menunggu Isi Bensin
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Pemerintah menyatakan tetap konsisten menetapkan harga premium dan solar setiap tiga bulan sekali. Berdasarkan perhitungan itu pemerintah akan dilakukan evaluasi perkembangan harga bahan bakar minyak (BBM), serta penetapan harga BBM yang baru pada akhir Maret 2016 ini.

"Akhir bulan nanti kita akan mengeluarkan harga baru jenis premium dan solar,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, yang dikutip dari situs Kementerian ESDM, Jumat 11 Maret 2016.

Sudirman menyatakan, penetapan evaluasi harga BBM setiap tiga bulan telah melalui proses yang panjang. Sebelumnya ada yang mengusulkan setahun sekali, enam bulan sekali dan bahkan satu bulan sekali.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

Namun untuk menjaga stabilitas ekonomi serta mempermudah pengusaha dan perusahaan membuat perencanaan, pemerintah menetapkan evaluasi harga BBM dilakukan tiap tiga bulan.

"Kita tidak ingin naik turun lebih sering, karena kasihan pengusahanya nanti," katanya.

Menanggapi perihal harga BBM yang dijual lebih tinggi dari harga pasar, Sudirman mengatakan, pemerintah akan melihat catatan PT Pertamina.

Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan

"Dulu ingat tidak waktu Pertamina menjual lebih rendah di bawah harga ekonomi? itu ada selisih negatif. Nanti kalau harganya tinggi sedikit, akan dikompensasi. Yang penting Pertamina mencatat plus minusnya dan kita akan tetap review tiga bulan sekali," ucap Sudirman. (ren)

Pengumuman Direksi Pertamina oleh Menteri BUMN

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Pengkajian secara bisnis dilakukan perseroan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016