Kenali Faktor Risiko Kanker Pankreas

Ilustrasi obesitas.
Sumber :
  • http://listverse.com

VIVA.co.id - Pada umumnya kanker pankreas berawal dari sel-sel eksokrin yang ada di dalam pankreas. Hingga kini belum diketahui secara jelas penyebab kanker pankreas. 

Awas, Kurang Minum Tingkatkan Risiko Obesitas

Namun ada beberapa faktor risiko yang harus diwaspadai, karena bisa saja memiliki kemungkinan besar terkena kanker pankreas.

"Merokok dengan intensitas 2 hingga 3 kali atau lebih sering, biasanya berusia di atas 55 tahun, ada riwayat dalam keluarga yang pernah terkena kanker pankreas, obesitas, diabetes, radang atau infeksi pada pankreas untuk waktu yang cukup lama," ujar Pakar spesialis transplantasi liver dan operasi HPB, Dr. Cheah Yee Lee dalam acara Kampanye Operasi Kuning Gleneagles Hospital, di bilangan SCBD, Jakarta Pusat,  Jumat 11 Maret 2016.

Risiko Kebocoran Usai Operasi Potong Lambung

Karena tidak ada hal spesifik yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini, maka bagi orang dengan riwayat keluarga seperti dijelaskan di atas sebaiknya segera melakukan pemeriksaan. 

Sedangkan untuk faktor risiko lainnya, sebaiknya mulailah berhenti merokok, menjaga berat badan tetap ideal, dan selalu memeriksa gula darah.

Prosedur yang Harus Dilakukan Saat Potong Lambung
 
Obesitas pada anak

Obesitas pada Anak Jangan Dianggap Lucu

Gemuk berlebihan berisiko buruk bagi kesehatan anak.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016