13-03-2013: Kardinal Jorge Mario Terpilih Jadi Paus Francis

Paus Fransiskus.
Sumber :
  • abcnews.go.com

VIVA.co.id - Hari ini, tiga tahun lalu, Kardinal Jorge Mario Bergoglio dari Argentina, terpilih menjadi paus dan memakai nama Fransiskus /Francis. Ia menggantikan Paus Benediktus XVI, yang telah mengundurkan diri dari jabatannya.

Mengutip situs Biography, Minggu 13 Maret 2016, pria kelahiran Buenos Aires ini menjadi Paus ke-266. Dengan demikian, ia adalah pemimpin Gereja Katolik dan sekaligus Kepala Negara dari Takhta Suci Vatikan.

Bergoglio juga menjadi Paus non-Eropa serta Amerika Latin pertama sejak Paus Gregorius III dari Suriah yang wafat pada 741 Masehi. Alasan dipilihnya Fransiskus sebagai tanda penghargaan kepada Santo Fransiskus dari Asisi yang mendirikan Ordo Fransiskan Friars pada 1290.

Semasa hidupnya, Santo Fransiskus dikenal sebagai orang yang menolak harta dan hidup mewah. Ia lebih memilih hidup dalam kemiskinan. Demikian pula dengan kehidupan Bergoglio, di mana dirinya merupakan sosok sangat rendah hati dan sederhana.

Bergoglio sebelumnya menjabat Uskup Agung Buenos Aires, Argentina, kemudian diangkat menjadi Kardinal pada 2001 oleh Paus Yohanes Paulus II. Paus berusia 79 tahun ini dapat berbicara dalam bahasa Spanyol, Italia, dan Jerman secara fasih.

Sebagai Paus, ia telah melakukan perjalanan pastoral ke Korea Selatan, Brazil, Filipina, Sri Langka dan akan mengunjungi Amerika Serikat serta Kuba pada September 2015. (asp)

Paus Fransiskus Anggap Messi di Atas Maradona dan Pele
Paus Fransiskus

Paus Frasiskus Tak Setuju Kekerasan Disamakan dengan Islam

Setiap agama punya kelompok radikal.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016