Pertamina-Marubeni Kerja Sama dengan General Electric

Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Konsorsium PT Pertamina (Persero) dan perusahaan Jepang, Marubeni, menyepakati kerja sama eksklusif dengan General Electric untuk penyediaan teknologi Combined Cycle Gas Turbine IPP Jawa 1 berkapasitas 1.600 MW. 

34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi
 
Proyek pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) IPP Jawa 1 akan menjadi yang terbesar di Indonesia dengan perkiraan investasi US$2 miliar dan merupakan bagian dari program pemerintah yaitu 35 ribu megawatt.  
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
 
Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan, ditetapkannya General Electric sebagai penyedia teknologi pada proyek IPP Jawa 1, menandai masuknya konsorsium Pertamina-Marubeni pada tahapan penting untuk mempersiapkan diri dalam tender IPP Jawa 1 oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada Mei nanti.
Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
 
"General Electric telah menyatakan komitmen kuatnya untuk memberikan dukungan maksimal kepada konsorsium, termasuk penyediaan teknologi yang paling advance dan efisien di dunia," ungkap Wianda dikutip dari siaran persnya di Jakarta, Minggu 13 Maret 2016.
 
General Electric akan menyediakan teknologi pembangkitan listrik turbin gas paling mutakhir di dunia, yaitu 9HA. Teknologi yang telah terbukti dan banyak digunakan di dunia tersebut diyakini dapat meningkatkan efisiensi pembangkitan menjadi di atas 61 persen, sebagaimana banyak tersedia di pasar saat ini.
 
Konsorsium Pertamina-Marubeni juga telah menyepakati kerja sama dengan Samsung C&T sebagai penyedia jasa Engineering, Procurement, and Construction (EPC). Bergabungnya pemain-pemain besar di industri pembangkitan listrik tersebut, kata Wianda, membuktikan keseriusan Pertamina sebagai pemimpin dari konsorsium ini untuk mendukung pemerintah dan PLN merealisasikan proyek IPP Jawa 1 yang telah direncanakan. (one)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya