Lima Cara Hemat Uang dengan Memasak

Ilustrasi memasak
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Anda termasuk orang yang tidak bisa mengatur keuangan? Apalagi jika sudah berumah tangga, masalah keuangan tentu sensitif. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Kebutuhan sehari-hari terkadang lebih besar dari pendapatan bulanan dan membuat perencanaan keuangan kacau. Seringkali sikap boros muncul, karena tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Bukan hanya itu, sikap tidak mau direpotkan membuat sebagian ibu rumah tangga memilih membeli makanan siap saji. Hal itu justru membuat keuangan semakin membengkak.

Memasak di rumah sebenarnya salah satu cara menghemat uang. Selain itu, masakan sendiri juga terjamin kebersihan dan kesehatannya. Di bawah ini ada lima cara hemat uang dengan memasak.

1. Membeli bahan makanan dalam jumlah banyak

Membeli bahan makanan dalam jumlah banyak akan semakin murah. Cara ini bisa dilakukan agar pengeluaran belanja bulanan Anda lebih hemat. 

Namun, Anda harus memiliki kulkas atau lemari pendingin untuk menyimpan bahan makanan tersebut. Selain itu, keuntungan lain dari berbelanja banyak juga bisa meminimalisir waktu belanja Anda. 

Seringkali kesibukan membuat Anda malas keluar untuk membeli bahan makanan, akhirnya memilih untuk membeli makanan siap di luar. 

Dengan cara ini waktu Anda juga tidak banyak terbuang dan bisa bertahan hingga seminggu.

Sebelum pergi belanja sebaiknya, membuat daftar belanja terlebih dahulu. Anda bisa membuat daftar kebutuhan belanja selama satu minggu atau satu bulan ke depan. 

Meskipun cara ini sedikit memakan waktu, tetapi melalui cara ini Anda bisa menargetkan berapa pengeluaran belanja selama satu bulan ke depan. 

Hal tersebut, karena pada awal bulan, gaji selalu kandas untuk kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu penting. Jika pada awal bulan Anda sudah menargetkan uang belanja, maka sisa gaji bisa masuk ke tabungan. 

Perlu diingat juga, bahwa Anda harus berkomitmen untuk tidak melanggar perencanaan yang sudah dibuat.

2. Belanja di pasar tradisional

Di pasar tradisional Anda akan lebih banyak mendapatkan bahan makanan. Bahan makanan mentah di pasar tradisional juga lebih segar dan baru, karena dipasok dalam waktu pendek tanpa dimasukkan ke freezer atau kulkas. 

Seperti jenis daging mentah seperti ikan, ayam, daging sapi, pasti akan lebih awet disimpan jika membeli dalam keadaan baru dan masih segar. 

Cara ini menjadi pilihan tepat belanja bahan makanan untuk satu minggu atau satu bulan ke depan. Selain itu, di pasar tradisional Anda juga bisa membeli dalam jumlah banyak atau pun sedikit, sehingga Anda bisa menyesuaikan kebutuhan.

3. Mencari diskon

Hal ini yang mungkin menjadi kebiasaan para ibu rumah tangga. Cara inilah yang bisa menghemat keuangan Anda. Ketika belanja kebutuhan bulanan, carilah produk yang masih diskon, seperti minyak goreng, gula, kecap, beras, dan kebutuhan makanan lainnya. 

Sebelum berbelanja, sebaiknya Anda membaca katalog dari supermarket tujuan Anda atau bisa berselancar di media sosial untuk mendapatkan informasi diskon untuk setia produk.

4. Memasak dengan porsi yang tepat

Anda harus tahu porsi yang tepat untuk keluarga. Memasak dengan porsi yang sesuai, selain bisa menghemat pengeluaran bahan makanan juga bisa menghemat biaya pembelian bahan makanan tersebut. 

Jika masih ada makanan yang tersisa, jangan lantas dibuang, Anda bisa menyimpannya di kulkas lalu dihangatkan di microwave atau kemudian diolah kembali dengan bahan makanan lainnya. Cara ini juga bisa menambah kreatifitas Anda dalam memasak.

5. Membawa bekal

Menyiapkan bekal untuk anggota keluarga atau anak selain memberikan asupan makanan sehat pada mereka juga salah satu trik menghemat pengeluaran. 

Membeli makanan atau minuman di toko lebih mahal dan kesehatannya juga diragukan, sehingga menyiapkan bekal merupakan pilihan tepat untuk menghemat pengeluaran dan kebersihan makanan juga terjamin. 

Batasi membeli makanan di luar, jika terpaksa harus makan di luar lebih baik pesan makanan bersamaan. Jangan memesan makanan untuk perorangan karena harganya akan lebih tinggi.

6. Rencanakan dengan matang

Dari cara menghemat keuangan di atas, Anda bisa menerapkan mulai sekarang. Memiliki perencanaan matang bisa membuat keuangan Anda juga tidak hanya numpang lewat. 

Hal paling penting yang perlu Anda miliki ialah mempunyai komitmen tinggi untuk mematuhi perencanaan keuangan tersebut. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya