Ketua MPR Dukung Penuh Tingkatkan Kerjasama RI-Rusia

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakil Pertama Ketua Dewan Federasi Majelis Rusia Nikolay V. Fedorov sepakat untuk meningkatkan kerjasama khususnya dalam bidang ekonomi dan perdagangan. Sebab, selama ini volume perdagangan kedua negara relatif masih kecil.

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

Keinginan untuk meningkatkan kerjasama perdagangan itu terungkap dalam pertemuan antara Ketua MPR dan Wakil Pertama Ketua Dewan Federasi Majelis Rusia di ruang kerja Ketua MPR, Gedung Nusantara III Lantai 9 Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 14 Maret 2016.

Dalam pertemuan itu Ketua MPR didampingi Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono.  Sementara Fedorov didampingi Liliya S. Gumerova, Stepan M Zhiryakov, Ivan Kleschinov, dan Pyotr Tsvetov.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

Fedorov menilai volume perdagangan Rusia dan Indonesia masih kecil, yaitu sekitar US$2,5 miliar. "Seharusnya volume perdagangan bisa mencapai US$5 miliar. Itu angka minimal," katanya. Menurut Fedorov, ada ruang kerjasama perdagangan yang terbuka seperti bauksit, perhubungan, kemaritiman.

Berkaitan dengan kerjasama itu, lanjut Fedorov, pada bulan Mei 2016, Presiden Indonesia akan bertemu dengan pemimpin Rusia menjelang KTT Asean-Rusia. Pihak Rusia dan Indonesia telah menyiapkan draf MoU yang akan ditandatangani pemimpin kedua negara.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

"Draf MoU itu menyangkut kerjasama dalam penanganan kejahatan transnasional, bidang kesehatan, media massa, dan kerjasama ekonomi," ujarnya. Federov berharap Ketua MPR ikut mendukung materi dalam MoU tersebut.

Dalam pertemuan itu Ketua MPR Zulkifli Hasan mengakui bahwa volume perdagangan kedua negara memang masih kecil. "Padahal kedua negara memiliki potensi yang besar. Indonesia negara besar, Rusia juga negara besar. Kita ingin lebih meningkatkan kerjasama perdagangan," katanya.

Zulkifli menambahkan Presiden Indonesia Joko Widodo sedang giat-giatnya menjalin hubungan dengan Rusia. Dalam rapat konsultasi pimpinan lembaga negara, akan disampaikan pentingnya peningkatan kerjasama dengan Rusia, ujar Ketua Umum PAN itu.

"Kami akan mendukung penuh Presiden untuk sungguh-sungguh meningkatkan hubungan dengan Rusia. Karena hubungan kedua negara memiliki sejarah panjang. Kita bisa meningkatkan kerjasama kedua negara. Jadi Rusia tidak perlu khawatir karena kami (MPR) akan mendukung," ujarnya.  (rin)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya