Tips Berhemat Pelihara Hewan

Ilustrasi memelihara hewan
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id - Ada banyak sisi positif jika kita memiliki hewan peliharaan. Sebagai contoh, bermain dengan hewan peliharaan dapat berfungsi sebagai terapi untuk mengurangi tingkat stres. Mengurus hewan peliharaan juga dapat melatih kedisiplinan.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Selain itu, suasana di rumah juga menjadi lebih meriah dengan berbagai keisengan yang dilakukan terhadap hewan peliharaan kamu (tapi jangan berlebihan).

Hobi memelihara hewan sering diasosiasikan sebagai hobi yang mahal. Selain itu, banyak juga orang yang memelihara hewan, demi dipandang sebuah status sosial. Jika kita tidak peka dengan biaya-biaya yang dapat dikeluarkan untuk hobi ini, jangan kaget kalau rekening di bank cepat terkuras.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Agar kamu tidak menjadi boros, coba simak beberapa strategi dalam memelihara hewan berikut:

1. Adopsi dari tempat penampungan hewan

Saat mencari hewan peliharaan, cobalah kamu datangi tempat penampungan hewan, atau shelter penyelamatan hewan. Banyak hewan seperti anjing dan kucing lucu yang membutuhkan pemilik, yang baik dan mengerti mereka apa adanya.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Harga yang perlu kamu keluarkan cenderung lebih murah, daripada membeli mereka di pet shop, atau pet breeder.  Kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan mereka dengan gratis.

Selain itu, hewan yang ditampung dan dilepas untuk adopsi biasanya sudah disuntik vaksin, atau dikebiri, sehingga kesehatannya lebih terjamin. Pastikan kamu bertanya dulu sebelum mengadopsi suatu hewan ya.

2. Belajar sendiri ketrampilan merawat hewan

Daripada kamu menghabiskan banyak uang untuk perawatan hewan di salon, cobalah untuk belajar sendiri cara merawat hewan peliharaan kamu. Misalnya, kamu dapat mempelajari sendiri cara memandikan kucing kamu, atau cara memotong kuku anjing peliharaan tanpa perlu pergi ke salon.

Kamu bisa menghemat biaya perawatan hewan yang nilainya berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

3. Pastikan agar hewan peliharaan divaksin dan kesehatannya dikontrol secara teratur

Tidak hanya manusia, hewan peliharaan juga perlu diberi vaksin. Kamu bisa mencari tahu dan berkonsultasi pada dokter hewan, atau kenalan yang ahli mengenai vaksinasi hewan peliharaan apa saja yang diperlukan dan periode pemberian vaksin.

Vaksin dapat menyelamatkan kamu dari biaya yang harus dikeluarkan, jika hewan peliharaan kamu jatuh sakit. Jangan lupa untuk melakukan kontrol kesehatan secara teratur.

4. Gunakan alternatif makanan alami untuk hewan

Makanan hewan merupakan salah satu faktor krusial dalam pemeliharaan hewan. Cobalah untuk mencari tahu tipe makanan apa saja yang tepat untuk hewan peliharaan kamu, dan alternatif makanan alami. Perlu diingat bahwa hewan tidak selalu cocok dengan makanan manusia, jadi jangan sembarangan memberikan makanan sisa demi melakukan penghematan.

5. Jangan beli aksesoris hewan kecuali memang diperlukan

Banyak pemilik hewan yang ingin agar peliharaannya tampil penuh gaya, sehingga mereka sering mendadani hewan peliharaannya dengan berbagai aksesoris yang nyentrik. Hewan tidak selalu senang didandani dengan aksesoris yang aneh.

Cobalah untuk menghemat dengan cara tidak membeli aksesoris hewan peliharaan, kecuali jika aksesoris tersebut diperlukan untuk menunjang hidup sang hewan.

Di samping berhemat dalam biaya pemeliharaan hewan, kamu juga dapat menerapkan tips hidup hemat untuk diri sendiri. Kamu bisa memanfaatkan kartu kredit untuk melakukannya, karena ada berbagai fitur seperti cashback, atau reward point yang dapat dimanfaatkan untuk berhemat saat membeli kebutuhan kamu, atau pun kebutuhan hewan peliharaan kamu.

Gunakan situs perbandingan populer produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk memudahkan kamu menemukan kartu kredit yang tepat.

 (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya