Kokain Senilai Rp445 juta Ditemukan dalam Kue Besar

Kokain yang diselundupkan dalam lima buah kue
Sumber :
  • ktla.com

VIVA.co.id - Banyak akal dan cara yang dilakukan para pengedar narkoba untuk menyelundupkan 'barang haram' agar terhindar dari pemeriksaan aparat keamanan.

Kali ini, seorang wisatawan asal Meksiko bernama Jesus Martinez Ramirez tertangkap basah menyelundupkan kokain seberat dua pon di dalam lima buah kue besar begitu tiba dari Meksiko di Bandara Internasional John F. Kennedy, New York, Amerika Serikat.

Dikutip dari situs UPI, Senin, 14 Maret 2016, Ramirez membawa kokain senilai US$33 ribu atau sekitar Rp445,5 juta. Ihwal tertangkapnya pria yang berperan sebagai wisatawan ini dari Pihak Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS (Customs and Border Protection / CBP).

Saat melakukan pengecekan bagasi Ramirez, mereka melihat sesuatu yang tidak biasa di dalam kue yang dikemas di dalam kantong.

Presiden Duterte Ungkap 160 Pejabat Terlibat Narkoba

Robert Perez selaku Direktur Operasi Lapangan CBP New York, mengatakan, saat dilakukan scan terhadap barang-barang penumpang terdapat indikasi benda mencurigakan yang dibawa Ramirez.

Benar saja. Setelah dibongkar ditemukan kokain terbungkus rapih yang diselipkan dalam lima buah kue besar berbentuk lonjong, sehingga terlihat seperti kue biasa.

Melalui penyelidikan, pihak pabean memastikan Ramirez juga pemilik empat kue bolu lainnya untuk menyembunyikan paket kokain.

"Nilai jual kokain ini mencapai US$33 ribu dan diduga akan dibawa kabur oleh Ramirez dari Meksiko. Kejadian terbaru ini menunjukkan kewaspadaan serta keunggulan petugas kami dalam mendeteksi wisatawan yang mencoba menyelundupkan barang ilegal," kata Perez.

Atas tindak kejahatan ini, Ramirez resmi ditahan atas tuduhan penyelundupan narkotika dan diserahkan kepada Pemerintah Meksiko.

Laporan : Dinia Adrianjara

Buwas: Tak Ada Wilayah di RI yang Bebas Narkoba
Narkoba di Filipina

Perangi Narkoba, Wali Kota di Filipina Jadi Diskriminatif

Sejumlah desa di Kota Pangasinan dituding jadi sarang Narkoba.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016