15-3-1939: Nazi Jerman Invasi Cekoslovakia

Hitler menduduki ibukota Cekoslovakia, Praha
Sumber :
  • www.bbc.com

VIVA.co.id - Pada 77 tahun silam, pasukan Nazi Jerman pimpinan Adolf Hitler menginvasi dan menduduki Cekoslovakia. Ini negara tetangga Jerman yang dikorbankan Hitler dalam Pakta Muenchen.

Mendagri Baru Jerman: Islam 'Tidak Punya' Tempat di Jerman

Dilansir dari situs History, pada 30 September 1938, Hitler bersama pemimpin fasis Italia Benito Mussolini, Perdana Menteri Prancis Edouard Daladier serta Perdana Menteri Inggris Neville Chamberlain, menandatangani Pakta Muenchen.

Isi pakta itu perjanjian mengenai nasib Cekoslovakia yang hampir diserahkan ke Nazi Jerman untuk tujuan perdamaian. Walaupun bagian negara yang diserahkan ke Hitler hanyalah Sudetenland, namun juga diserahkan sebanyak 66 persen batu bara milik Cekoslovakia, 70 persen besi dan baja serta 70 persen daya listrik.

Tanpa sumber daya, Cekoslovakia sangat rentan terhadap dominasi oleh Nazi Jerman. Tidak peduli apapun yang dilakukan Pemerintah Cekoslovakia untuk memuaskan Hitler, rumor mengenai invasi terhadap Cekoslovakia justru makin gencar.

Bahkan pada awal 1938, Hitler mengatakan dirinya bermaksud untuk memaksa pemerintah pusat Cekoslovakia untuk menyerahkan kemerdekaannya. Mereka kemudian menyatakan kemerdekaannya (yang tetap bergantung pada Nazi Jerman) pada 14 Maret 1938 dengan adanya ancaman invasi.

Lalu pada 15 Maret 1939, selama pertemuan dengan Presiden Cekoslovakia Emil Hacha, Hitler mengancam akan melakukan serangan bom ke Praha, ibukota negeri itu. Hal tersebut akan dibatalkan jika Hacha memberikan akses bebas bagi pasukannya untuk melewati perbatasan.

Tidak ingin mengambil risiko, Hacha pun mengabulkan permintaan Hitler, dan pada hari yang sama, pasukan Nazi Jerman dikirim ke wilayah Bohemia dan Moravia, dua provinsi yang tidak melakukan perlawanan terhadap Jerman.

Invasi pun tak terelakkan.

Pakta Muenchen, yang menurut Perdana Menteri Inggris Neville Chamberlain, telah memberikan "perdamaian di zaman kita," di mana itu sebenarnya negosiasi siasat belaka yang dilakukan Hitler.

Wanita Sadis, Tiap Melahirkan Masukkan Bayinya ke Freezer

Pakta ini sebenarnya hanya sebuah perjanjian sementara untuk menunda perlawanan terhadap pasukan Jerman. (ren)

Menteri Jerman mengatakan burkini bisa mempererat hubungan antar Muslimah di lingkungannya. - Getty Images

Menteri Jerman: Pemakaian Burkini di Sekolah Harus Diizinkan

Ia membela dengan dalih kesejahteraan anak-anak.

img_title
VIVA.co.id
27 Juni 2018