RESEP: Membuat Roti Tawar Sendiri di Rumah

Ilustrasi Roti Tawar
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Menyantap roti tawar dengan selai saat sarapan akan membuat pagi Anda terasa lebih bersemangat. Roti tawar juga bisa dipanggang dan dibuat menjadi French toast dengan taburan gula halus, buah-buahan serta siraman sirup maple.

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?
Anda pun dapat membuatnya menjadi roti isi ayam, tuna hingga telur.
 
Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid
Sarapan terasa semakin lezat jika Anda menyantap roti yang baru keluar dari oven. Bayangkan, pagi hari Anda ditemani dengan asap roti yang mengepul dan aroma ragi serta tepung terigu segar dari roti yang baru matang.
 
Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Dijamin butter atau mentega yang Anda oleskan ke roti hangat langsung meleleh.
 
Tidak sulit membuat roti tawar sendiri. Anda hanya memerlukan enam bahan dan tentunya kesabaran. Anda juga harus berlatih menguleni adonan roti dengan benar.
 
Berikut ini resep lengkap membuat roti tawar buatan rumah, seperti dilansir dari Taste of Home.
 
Roti tawar buatan rumah
 
Bahan-bahan 
 
-1/4 ons ragi
-2 1/4 cangkir air hangat
-3 sdm gula pasir
-1 sdm garam
-2 sdm minyak sayur
-6 1/4 hingga 6 3/4 cangkir tepung terigu
 
Cara membuat
 
1. Dalam mangkuk berukuran besar, masukkan ragi dan air hangat. Aduk rata lalu masukkan gula, garam, minyak dan 3 cangkir tepung terigu. Aduk hingga rata dan masukkan sisa tepung terigu sambil terus diaduk.
 
2. Pindahkan adonan roti ke atas permukaan yang datar. Uleni hingga kalis, sekitar 8-10 menit. Masukkan adonan ke dalam mangkuk dan tutupi denga kain yang telah sedikit dibasahi dengan air. Diamkan adonan di tempat hangat hingga mengembang dua kali lipat selama 1,5 jam.
 
3. Uleni kembali adonan sebentar saja, lalu bagi menjadi dua. Bentuk masing-masing adonan seperti roti tawar dan masukkan ke dalam loyang khusus roti tawar yang telah diolesi dengan minyak. Tutupi loyang dan diamkan sekali lagi sekitar 30-45 menit atau hingga mengembang dua kali lipat.
 
4. Panggang di dalam oven bersuhu 190 derajat Celsius selama 30-35 menit atau hingga warnanya menjadi coklat keemasan dan roti terasa kopong saat ditepuk.
 
5. Keluarkan roti dari loyang dan dinginkan terlebih dahulu sebelum diiris-iris.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya