XL Digitalkan Nelayan di Yogyakarta

XL bagi mFish ke nelayan di Yogyakarta
Sumber :
  • XL Axiata

VIVA.co.id –  PT XL Axiata, Tbk (XL) telah mengimplementasikan aplikasi digitalnya, yakni mFish kepada para nelayan di Pantai Baron dan Pantai Bantul, Yogyakarta. Diketahui, mFish merupakan aplikasi khusus yang dapat mendukung nelayan dalam meningkatkan pencahariannya dan keamanan selama bekerja di laut.
 
Vice Presiden Central Region XL, Bambang Parikesit, mengatakan tahun ini perusahaannya mulai mengimplementasikan mFish bagi para nelayan di wilayah Yogyakarta, dengan harapan dapat memanfatkan sarana berteknologi digital.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

"Selain itu juga bisa dimanfaatkan warga nelayan setempat yang memang membutuhkan dukungan untuk lebih produktif. Pada tahap awal ini, akan ada 260 paket mFish yang kami bagikan kepada nelayan Yogyakarta," ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 15 Maret 2016.
 
Bambang mengemukakan, distribusi paket mFish terdiri dari 160 untuk nelayan Pantai Baron, Gunung Kidul. Sementara itu, untuk nelayan Pantai Depok, Bantul dialokasikan sebanyak 100 paket mFish. Satu paket mFish terdiri dari handset, kartu SIM XL, pengisi baterai tenaga sinar matahari, tas antiair, dan kabel data.

"Implementasi mFish di Yogyakarta ini sekaligus sebagai upaya XL untuk mensosialisasikan pemanfaatan teknologi digital guna meningkatkan kinerja dan produktivitas warga di berbagai bidang," ucapnya.
 
Dalam mengimplementasikan mFish ini, XL bekerja sama dengan TONE, yang menjadi partner pengembang aplikasi tersebut. Aplikasi mFish memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi.
 
Untuk memastikan program implementasi mFish di Yogya ini berjalan seperti yang diharapkan, XL mendapatkan dukungan dari PT Komunika Mitra Pratama, mitra diler XL di Yogya, untuk  menyediakan pendampingan selama enam bulan.

XL Axiata Lagi Semringah

Selama pendampingan tersebut, petugas akan secara rutin mendatangi nelayan untuk sekalian menjaga tingkat efektifitas. Sosialisasi program ini sudah dilakukan sejak Desember 2015. Selain itu, dari sisi jaringan, pada kedua area tersebut sudah tersedia layanan 3G dengan kualitas yang bagus untuk akses Data.
 
Sebelumnya, mFish ini juga telah diimplementasikan di Balikpapan dengan bekerja sama dengan Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Sekitar 500 paket perangkat mFish yang telah diserahkan kepada warga nelayan di dua kampung, yaitu Kampung Baru dan Manggar, masing-masing 250 perangkat. (ase)

Menara BTS XL Axiata.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

XL Axiata terus berupaya untuk meningkatkan kualitas jaringan data guna mengimbangi peningkatan trafik penggunaan oleh pelanggan dari tahun ke tahun.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2022