Delapan 'Langkah Mudah' Menjadi Miliarder

ilustrasi orang kaya
Sumber :
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Jalan menuju kebahagiaan dalam hidup ini seringkali didefinisikan oleh banyak orang dengan hidup berkecukupan dan memiliki kemampuan finansial untuk membeli apapun yang diinginkan. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Seringkali hasrat untuk hidup berkecukupan ini muncul dengan menggebu-gebu, sehingga tak jarang Anda tertarik dengan seminar-seminar yang konon katanya dengan mengikuti seminar tersebut, Anda akan menjadi bos di perusahaan Anda sendiri.

10 Orang Terkaya di Indonesia Pada Tahun 2016
Dalam seminar-seminar tersebut, biasanya akan dijelaskan bagaimana Anda  menjadi seorang miliarder lewat kepemilikan sebuah properti, seperti apartemen misalnya. 

Namun, cara yang diajarkan untuk memiliki apartemen tersebut seringkali tidak rasional dan bukannya malah membuat Anda menjadi miliarder, namun malah akan menambah beban utang Anda.
 
Anda boleh saja percaya dengan seminar-seminar tersebut, namun jika saja Anda mau berpikir rasional, maka hal tersebut sebenarnya sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi. 

Kecuali Anda mendapatkan sebuah warisan berupa perusahaan besar yang nantinya akan menjadi milik Anda. Anda juga perlu memperhatikan jika kesuksesan para miliarder yang berhasil mereka dapatkan bukan karena mengikuti seminar-seminar cara menjadi miliarder tersebut.

Utang jadi penghambat menjadi miliarder

Baru-baru ini seorang pimpinan agensi financial planer asal Georgia, yakni Jason Flurry mengemukakan pendapatnya mengenai beberapa langkah mudah untuk menjadi seorang miliarder. 

Menurut Flurry, salah satu hal yang akan menghambat orang untuk menjadi miliarder adalah utang dan utang disebabkan karena Anda tidak membuat perencaan anggaran yang baik dalam memenuhi kebutuhan Anda.

Selain itu, Flurry juga mempertanyakan gaya hidup seseorang yang begitu glamour dengan membeli mobil mewah, membeli makanan cepat saji setiap hari dan berbelanja secara habis-habisan. 

Flurry mengatakan, jika sebelum membeli hal-hal tersebut, maka Anda patut mempertanyakan apakah barang-barang tersebut adalah barang yang Anda butuhkan atau hanya sekadar barang yang Anda inginkan.

Bagi Anda yang sudah hidup dengan berkecukupan, tentu membeli barang mewah seperti yang telah disinggung sebelumnya tak akan menjadi sebuah masalah. 

Namun, lain ceritanya bagi Anda yang belum mencapai standar finansial tersebut, karena sebelum Anda membeli sebuah barang, wajib untuk dipikirkan terlebih dahulu apakah barang tersebut memang barang yang Anda butuhkan.

Lalu apa saja langkah yang harus dilakukan untuk dapat menjadi seorang miliarder? Ini delapan tips bagaimana cara menjadi miliarder:

1. Buatlah perencanaan anggaran

Membuat suatu perencanaan anggaran menjadi sebuah hal yang wajib untuk dilakukan sebelum memulai perjalanan Anda untuk menjadi miliarder.

Buatlah rancangan anggaran yang disertai sebuah skala prioritas kebutuhan mana yang harus Anda penuhi terlebih dahulu.  

Tidak lupa dalam rancangan tersebut, Anda wajib bersikap disiplin. Apabila Anda mengimplementasikan rancangan ini dengan bijak, maka bukan tidak mungkin mimpi Anda menjadi seorang miliarder akan terwujud.

2. Menabung

Setelah membuat sebuah rancangan anggaran, maka selanjutnya Anda wajib untuk menentukan berapa jumlah yang harus Anda sisihkan untuk Anda tabung dan juga dijadikan sebagai dana yang khusus digunakan untuk kebutuhan yang mendesak. 

Menabung nantinya akan membuka jalan Anda untuk melakukan investasi.

3. Pendam keinginan untuk mendapatkan barang mewah

Jika Anda sedang dalam berada perjalanan menjadi seorang miliarder,  membelanjakan uang Anda dengan membeli barang-barang mewah bukan menjadi sebuah hal yang tepat. 

Melakukan hal tersebut sama saja dengan menambah panjang waktu perjalanan Anda untuk menjadi seorang miliarder. Uang yang Anda gunakan untuk membeli barang-barang tersebut, sebaiknya Anda tabung guna menambah jumlah investasi Anda nantinya. Baca Juga: 10 Orang Terkaya di Dunia Ini Ternyata Tidak Lulus Kuliah

4. Bersikap disiplin dan konsisten

Menjadi seorang miliarder sebenarnya bukan merupakan sebuah hal yang gampang untuk dilakukan, namun bukan berarti hal tersebut tidak mungkin terjadi. 

Dalam perjalanan menjadi seorang miliarder, maka Anda memerlukan sebuah sikap disiplin dan konsisten, terutama dalam masalah keuangan Anda. 

Tanpa disiplin dan konsisten, hampir pasti impian Anda untuk menjadi miliarder tidak akan pernah Anda raih.

5. Lunasi utang-utang Anda

Melunasi utang juga merupakan hal yang tak bisa Anda lupakan, apabila ingin menjadi miliarder. Apalagi utang terkadang memiliki bunga yang cukup besar, sehingga semakin lama Anda melunasinya, maka akan semakin besar jumlah yang harus Anda bayar. 

Ketika Anda melakukan utang pastikan terlebih dahulu jangka waktu yang Anda perkirakan untuk melunasinya. Baca Juga: 7 Kebiasaan Tidak Membuat Anda Kaya yang Harus Dihindari

6. Melakukan investasi

Apabila jumlah tabungan, khususnya untuk persiapan dana darurat yang sudah Anda miliki terasa cukup, maka segera lakukan investasi. 

Tidak perlu langsung menginvestasikan seluruh tabungan yang Anda miliki, cobalah untuk menginvestasikannya sebagian melalui reksa dana atau investasi emas misalnya. 

Jika tabungan Anda nantinya telah mencapai jumlah yang cukup banyak, maka Anda bisa berinvestasi dengan skala yang lebih besar untuk jangka panjang, seperti investasi tanah misalnya atau juga bisa untuk memulai usaha sendiri.

7. Buka usaha sampingan

Sebelum Anda melakukan poin ini, ada baiknya Anda terlebih dahulu melihat kestabilan keuangan Anda. 

Poin ini bersifat opsional atau hanya menjadi poin tambahan saja, apabila setelah Anda melakukan perencanaan anggaran, Anda berhasil mensisakan beberapa uang sebagai sisa dari hasil tabungan Anda. 

Selain itu, perhatikan kondisi diri Anda sendiri, apakah Anda mampu memegang kendali usaha ini mengingat Anda telah sepekan penuh bekerja. Baca Juga: 8 Tips Keuangan yang Mesti Anda Pelajari dari Adele

8. Gunakan jasa financial planner

Seorang financial planner bisa memberikan Anda sebuah nasihat atau solusi untuk keungan Anda. Terlebih jika Anda bingung bagaimana menyusun sebuah rancangan financial yang baik. 

Dalam menggunakan jasa finansial planner ini bukan berarti Anda akan melepas kontrol keuangan Anda, namun Anda akan bekerja sama dengan financial planner tersebut. 

Di Indonesia, jasa finansial memang masih sangat terbatas, namun di luar negeri seorang pengusaha atau sebuah perusahaan sudah sering menggunakan jasa financial planner ini.

Jangan tunggu besok!

Jangan tunggu besok, mulailah dari sekarang. Terapkan langkah-langkah diatas hingga akhirnya menjadi kebiasaan. 

Kuncinya adalah lakukan dengan disiplin tinggi, dengan begitu bukan tidak mungkin hal tersebut membawa Anda menjadi seorang miliarder. Baca Juga: 11 Kebiasaan Boros yang Harus Anda Ditinggalkan

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya