Bangun Pabrik, Semen Indonesia Cari Pinjaman Rp3,5 Triliun

Logo Semen Indonesia
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Cerita Bos Semen Indonesia Menggapai Sukses
- PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) berencana menerbitkan surat utang atau bond untuk membangun pabrik semen di Pidie, Aceh. Pabrik tersebut akan dibangun oleh PT Semen Indonesia Aceh, yang merupakan perusahaan patungan SMGR dengan PT Samana Citra Citra Agung.

Asian Games Kerek Penjualan Semen Baturaja

Direktur Keuangan Semen Indonesia, Ahyanizzaman, mengungkapkan, untuk perusahaan patungan yang diinvestasikan mencapai sebesar Rp5 triliun tersebut, minimum 30 persen berasal dari ekuitas Semen Indonesia bersama dengan Samana Citra Agung.
Kelebihan Stok, Ini yang Akan Dilakukan PT Semen Indonesia


Kemudian, sisanya maksimum 70 persen berasal dari pinjaman perbankan dan aksi korporasi di pasar modal. Artinya, perseroan akan mencari dana sebesar Rp 3,5 triliun dari perbankan dan pasar modal.


"Kita liat beberapa kemungkinannya. Kita liat jendela-jendela dari pasar uangnya itu. Tapi tidak tutup kemungkinan karena sifatnya progres mungkin ada dari pinjaman bank dan nanti juga kita bisa
refinancing
dari pasar uang," kata dia saat ditemui di Kementerian BUMN Jakarta, Kamis, 17 Maret 2016.


Namun, Ahyanizzaman menyatakan, pihaknya masih akan melihat terlebih dahulu kondisi pasar. Dan kemungkinan, penerbitan surat utang tidak akan dilakukan perseroan pada tahun ini.


"Kita lihat perkembangannya lah. Bonds sebenarnya menarik, ada beberapa yang sudah masuk tingkat bunga delapan persen. Tapi tahun ini kemungkinan belum. Mungkin juga instrumen dari tradisional dulu, pinjaman bank," tutur dia. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya