Pendaftaran Angkutan Mudik Gratis Lebaran Sudah Dibuka

Ilustrasi-Sepeda motor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Basri Marzuki

VIVA.co.id - Kementerian Perhubungan kembali menyelenggarakan angkutan mudik motor gratis untuk sepeda motor pada masa angkutan lebaran 2016 ini dengan kereta api. Pada penyelenggaraan angkutan mudik motor gratis tahun ini, terjadi peningkatan kuota subsidi angkutan mudik motor dengan kereta api tahun ini sebesar 59 persen dibandingkan tahun lalu.

Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi

"Pada tahun 2015 lalu kuota subsidi angkutan mudik motor gratis sebesar 9.900 motor, sedangkan pada tahun ini jumlah tersebut mengalami peningkatan menjadi 15.834 motor,” jelas Direktur Jenderal Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko, seperti dilansir dari laman Kemenhub, Jumat 17 Maret 2016.

Penyelenggaraan mudik motor gratis dengan kereta api tahun ini menawarkan tiga stasiun tujuan yang melalui tiga lintasan yaitu:
Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi
 
1. Lintas Utara dimana kereta api akan berhenti di stasiun Cirebon Prujakan, stasiun Tegal, stasiun Pekalongan, stasiun Semarang Tawang, stasiun Ngrombo, stasiun Cepu, stasiun Bojonegoro, stasiun Babat, dan berakhir di stasiun Surabaya Pasarturi.
Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih
 
2. Lintas Selatan 1 dimana kereta api akan berhenti di stasiun Purwokerto, stasiun Kroya, stasiun Gombong, stasiun Kebumen dan mengakhiri perjalanan di stasiun Kutoarjo.
 
3. Lintas Selatan 2 dimana kereta api akan berhenti di stasiun Lempuyangan, stasiun Klaten, stasiun Solojebres, stasiun Madiun, stasiun Kertosono, dan Stasiun Kediri.
 
Seluruh keberangkatan dilakukan dari Stasiun Jakarta Gudang dengan stamformasi terdiri atas 1 Lok CC + 7 Kereta Bagasi. Sehingga masing-masing lintas mampu mengangkut 406 motor.
 
"Mudik motor gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki tiket keberangkatan mudik dan kepulangan balik ke lokasi yang sama dengan tiket," kata Hermanto. 
 
Pendaftaran sudah dapat dilakukan di stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Gudang sejak 8 Maret 2016 sampai dengan 6 Juni 2016 dengan membawa kelengkapan dokumen seperti STNK, SIM dan KTP asli beserta masing-masing 3(tiga) lembar fotocopy dari dokumen tersebut.
 
Adapun kondisi motor yang akan digunakan pada penyelenggaraan mudik gratis tersebut: tidak boleh ada modifikasi ataupun aksesoris tambahan, kaca spion wajib dilepas oleh pemudik, harus ada penyangga atau standar tengah (standar dua), harus dilengkapi dengan pegangan belakang serta untuk keamanan dalam pengangkutan kondisi tangki besin harus kosong.
 
Bagi calon penumpang yang melakukan pendaftaran pada tanggal 8 Maret sampai dengan 6 Mei 2016 akan mendapat fasilitas pembelian tiket penumpang selama persediaan masih ada.
 
Namun jika belum mempunyai tiket, penumpang dapat membeli tiket kereta api maksimal 3 (tiga) orang penumpang di tempat pendaftaran khusus selama kuota masih tersedia. Adapun jadwal arus mudik gratis menggunakan motor yaitu tanggal 28 Juni –3 Juli 2016 (H-8 s/d H-3), sedangkan jadwal untuk penumpang yaitu 29 Juni – 4 Juli 2016.
 
Untuk jadwal arus balik gratis menggunakan motor yaitu tanggal 10 - 16 Juli 2016 (H+3 s/d H+9), sedangkan jadwal untuk penumpang yaitu tanggal 11 – 17 Juli 2016.
 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya