Bumi Dibayangi Dua Komet Pekan Ini

Ilustrasi komet
Sumber :
  • Geek

VIVA.co.id - Bumi akan dibayangi oleh dua komet sekaligus pada pekan ini. Keduanya akan berada lebih dekat dibanding komet lain yang pernah mendekati Bumi sejak 1983.

Satu di antara dua komet itu akan berbentuk cukup besar, namun jaraknya lebih jauh ketimbang komet lainnya. Walaupun begitu, keduanya akan terlihat sangat terang, sehingga para ilmuwan yakin jika kedua komet itu bisa dilihat dengan mata telanjang pada malam hari.

Komet yang kecil disebut juga dengan P/2016 BA14. Jaraknya dengan Bumi sekitar 3,5 juta kilometer. Dengan jarak tersebut, P/2016 BA14 menjadi komet ketiga yang terdekat dengan Bumi sepanjang sejarah.

Ini memang masih sembilan kali lebih jauh ketimbang jarak Bumi dan Bulan. Jadi, sangat kecil kemungkinan komet ini akan menabrak Bumi. Namun begitu, fenomena ini bisa menjadi hiburan alam yang spektakuler.

Awalnya, astronom menganggap komet P/2016 BA14 berbahaya bagi Bumi. Namun, setelah diinvestigasi lebih lanjut, ternyata komet itu memiliki ekor. Artinya, komet BA14 bukan terdiri atas metal atau bebatuan, melainkan campuran dari batu dan debu yang membeku serta membentuk komponen padat.

"Komet P/2016 BA14 bukanlah ancaman. Malah ini akan menjadi kesempatan bagi kami untuk bisa mempelajari komet dari sisi sains," ujar Paul Chodas, manajer dari Near Earth Object (NEO) NASA, seperti dikutip dari Science Alert, Senin 21 Maret 2016.

Sementara itu, komet yang paling besar adalah 252P/LINEAR. Komet ini ditemukan pada 2000 dan telah dipantau oleh NASA sejak saat itu. Komet ini juga bukan merupakan ancaman bagi Bumi.

ESA Tamatkan Riwayat Robot Philae
Ilustrasi asteroid dekati Bumi.

NASA Siapkan Pesawat Khusus untuk Asteroid Pengancam Bumi

Pesawat OSIRIS-Rex akan diluncurkan September 2016

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016