Jelang Akhir Kontrak Berjangka, Harga Minyak Menguat

Sumur minyak mentah.
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Cullen

VIVA.co.id - Harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) dan Brent menguat pada akhir perdagangan Senin waktu New York. 

Stok Minyak Dunia Melimpah, Harga Terus Jatuh
Dilansir CNBC, Selasa, 22 Maret 2016, penguatan harga minyak lantaran adanya penarikan persediaan minyak mentah ke Chusing Hub, Oklahama, yang menjadi titik pengiriman untuk kontrak minyak di Amerika Serikat.
 
Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
Selain itu, harga minyak menguat menjelang berakhirnya kontrak minyak mentah berjangka AS pada bulan depan.
 
Menanti Data Inflasi China, Bursa Asia Dibuka Naik
Namun, penguatan harga minyak terbatasi oleh kekhawatiran bertambahnya rig pengeboran aktif di AS, setelah dua bulan ini harga minyak terus menunjukkan pemulihan.
 
Minyak AS alias WTI ditutup pada level US$39,91 per barel, atau naik 47 sen (1,19 persen) dibanding perdagangan sebelumnya. 
 
Harga minyak mentah jenis Brent untuk pengiriman Mei, naik 37 sen di posisi US$41,57 per barel. Harga minyak Brent diketahui hingga saat ini telah menguat 52 persen dari posisi terendahnya di level US$27,1 per barel pada 20 Januari 2016 lalu. 
 
Perusahaan intelijen pasar Genscape mengungkapkan, persediaan minyak mentah di Chusing berkurang 570.574 barel menjadi 69,05 juta barel pada 18 Maret 2016.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya