Tertekan Harga Komoditas, Rupiah Diprediksi Kembali Melemah

Ilustrasi uang rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Perdagangan transaksi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini, Selasa, 22 Maret 2016, diperkirakan berpeluang melanjutkan pelemahan seiring dengan ekspektasi menguatnya dolar AS.

Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
 
"Laju rupiah yang kembali mengalami pelemahan memberikan kejelasan arah akan adanya peluang pelemahan lanjutan," kata Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, di Jakarta, kepada VIVA.co.id.
Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November
 
Apalagi, kata Reza, laju harga komoditas masih dalam tren melemah sehingga tekanan terhadap rupiah pun kian besar. 
Dolar Masih Lemah, Rupiah Melaju di Jalur Hijau
 
"Belum lagi berbalik melemahnya sejumlah harga komoditas membuat laju dolar AS makin memiliki peluang untuk kembali menguat dan tentu saja berimbas pada pergerakan mata uang lainnya. Tak terkecuali rupiah," ucapnya.
 
Dari global, Reza melanjutkan, selain imbas pelemahan harga kontrak global seiring laporan kenaikan pasokan tembaga di Shanghai Futures Exchange dan pasokan minyak mentah mingguan Amerika Serikat, juga disertai melemahnya sejumlah bursa keuangan global sehingga pelaku pasar cenderung mencari aset lainnya, yang tidak lain dolar AS.
 
"Kekhawatiran kami pun terjadi, di mana rupiah berbalik melemah dan bahkan dapat kembali melanjutkan pelemahannya," ujarnya.
 
Dia memperkirakan, nilai mata uang Garuda terhadap dolar milik Paman Sam akan bergerak di kisaran Rp13.154-13.172.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya