Subsidi Solar Sudah Sepantasnya Dicabut

SPBU
Sumber :

VIVA.co.id - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mengkaji rencana pencabutan subsidi bahan bakar minyak jenis solar, setelah mendapat berbagai masukan dari berbagai pihak.

Respons Pertamina Soal Wacana Penghapusan Subsidi Solar
Chief Economist PT Bank Mandiri Tbk, Anton Gunawan, mengungkapkan hampir 60 persen subsidi BBM jenis solar hanya diperuntukkan bagi moda transportasi darat. 
 
Dirut Pertamina Pede Dexlite Bisa Tekan Subsidi Solar
Apalagi, pemberian subsidi bahan bakar tersebut hanya terfokus di Pulau Jawa semata, dan tidak menyeluruh.
 
Dexlite Ditargetkan Terjual 100 Ribu Kilo Liter Tahun Ini
Padahal, jika pemberian subsidi bahan bakar bisa merata, tentu implikasinya akan jauh lebih luas, dan berdampak cukup signifikan bagi daerah-daerah terpencil di luar pulau Jawa. 
 
Namun kenyataannya, hal itu masih belum bisa terimplementasi dengan baik.
 
“Subsidi solar memang harus dicabut, karena dari segi harga keekonomian sudah bisa. Viewnya, subsidi solar justru kebanyakan diberikan bagi transportasi darat di Jawa dan Jakarta,” ujar Anton, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa, 22 Maret 2016.
 
Menurut Anton, pemerintah harus mengubah cara pandang dalam mekanisme pendistribusian subsidi solar. Dengan begitu, fokus pemberian subsidi tersebut bisa terarah, kepada masyarakat yang lebih membutuhkan.
 
“Pola berpikir harus diganti dalam bentuk lain. Nelayan harus dilihat. Sama seperti listrik. Tidak semua tepat sasaran,” katanya.
 
Karena itu, dia berharap, pemerintah mau mempertimbangkan hal-hal tersebut, demi memenuhi kebutuhan masyarakat secara merata. 
 
“Bukan mencabut, tapi mengalihkan. Yang mampu itu tidak berhak, tidak usah dikasih subsidi. Yang miskin harus dapat, bagaimana caranya mereka bisa dapat,” tegasnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya