Tujuh Tips Melewati Hari Pertama Kerja di Kantor Baru

Ilustrasi malas bergerak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Bagi semua karyawan, hari pertama bergabung di perusahaan merupakan momen tercanggung dan paling sulit untuk dilalui. Terutama bila karyawan yang dimaksud memiliki sifat pemalu. Akan tetapi, agar bisa menempatkan diri secepat mungkin pada perusahaan. Alangkah baiknya Anda segera mengakrabkan diri dengan rekan kerja.

5 Hal yang Membuat Anda Dibenci Rekan Kerja
Memang tidak mudah, karena berbaur dengan banyak orang yang memiliki sikap dan karakter beragam sangat sulit dan perlu kehati-hatian. Tapi daripada menyendiri di sudut ruangan, dan sibuk menebak-nebak kemungkinan, lebih baik Anda segera berkenalan dengan mereka. Masalah orang itu suka atau tidak, asal kamu sudah berusaha semaksimal mungkin itu tidak akan menjadi kendala kedepannya.
 
Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik
Lalu agar dapat mendukung proses berkenalanmu dengan rekan kerja, berikut tips-tips menarik tentang bagaimana caranya agar tidak grogi saat berinteraksi di hari pertama kerja, dikutip dari Laruno.com.
 
Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik
Hafalkan nama
 
Saat pertama kali masuk kerja, usahakanlah mengingat sebaik mungkin wajah, nama, serta jabatan dari rekan-rekan kerjamu. Karena banyak sekali orang yang sering melakukan kesalahan ini, dimana beberapa detik setelah berkenalan dengan orang lain mereka akan mudah melupakannya.
 
Sepertinya terdengar sepele, tapi tidak ada satu pun orang yang suka dilupakan begitu saja. Jadi jika kamu semudah itu melupakan rekan kerja, ke depannya mereka jadi sungkan bekerja sama denganmu karena menurut pandangan mereka kamu terlihat acuh dan tak peduli dengan orang sekitar.
 
Jadi ingatlah baik-baik setiap rekan kerja yang berkenalan denganmu, kalau sukses melakukannya kamu juga tidak akan canggung ketika ingin meminta bantuan mereka.
 
Datang tepat waktu
 
Ketika pertama kami masuk kerja usahakan datang minimal 15 menit sebelum jam kerja, agar saat sampai nanti kamu punya waktu untuk memperbaiki penampilan dengan baik. Jadi saat senior dan atasan datang kamu sudah dalam kondisi maksimal dan tinggal memperkenalkan diri dengan mereka.
 
Banyak bertanya
 
Jangan berpikir bahwa bila kamu banyak bertanya akan terlihat menyebalkan di mata rekan kerja. Karena itu salah besar, sebab kenyataannya dengan kritis terhadap segala hal membuatmu terlihat seperti orang yang haus ilmu. Dan ini bisa menarik simpati rekan kerja karena mereka senang terhadap tingkah responsif Anda. Selain itu, kamu juga mendapatkan banyak informasi mengenai perusahaan dari awal.
 
Mulai pekerjaan dengan energi baru
 
Kalau sebelumnya di tempat kerja lama kamu mempunyai kebiasaan buruk. Maka di kantor baru nanti tinggalkanlah sikap-sikap tersebut dan mulai energi positif baru. Dengan cara selalu aktif dalam bekerja.
 
Makan siang dengan rekan kerja
 
Makan siang dengan rekan-rekan yang tidak dikenal pada hari pertama kerja memang 'menakutkan' bagi beberapa orang. Namun, bila kamu ditawari untuk istirahat bersama mereka, tidak ada salahnya untuk menerima ajakan tersebut. Dengan cari ini, kamu bisa cepat berbaur dan mengakrabkan diri dengan rekan-rekan kerja.
 
Jangan membahas kantor lama 
 
Apapun alasanmu keluar dari pekerjaan lama, jangan pernah mendiskreditkan perusahaan ataupun atasan di sana dengan rekan-rekan kerja di tempat baru. Karena menguak aib perusahaan lama sama saja menguak kelemahan diri kamu sendiri. 
 
Jadi Jangan sampai membanding-bandingkan perusahaan lama dengan yang baru, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya