Jelang Libur Panjang, Tiket Kereta Sisa 30 Persen

Ilustrasi layanan kereta api di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Terkait Demo, Hindari Stasiun Juanda dan Gondangdia
- Sebagian besar tiket penumpang kereta api (KA) terjual jelang libur panjang akhir bulan ini. Tiket-tiket yang terjual ini merupakan tiket tujuan Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Antisipasi Kepadatan, KRL Tambah Petugas Tiket
Senior Manajer Humas Daerah Operasional I PT Kereta Api Indonesia, Bambang S Prayitno mengatakan, tiket yang tersisa untuk keberangkatan tanggal 24 Maret 2016 adalah tiket KA Argo Jati dan Cirebon Ekpress untuk relasi Jakarta-Cirebon serta KA Argo Parahyangan relasi Jakarta-Bandung. 

Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara
Tiga kereta ini merupakan kereta yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Jakarta. Sementara itu, tiket kereta api yang tersisa untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada tanggal yang sama adalah tiket KA Menoreh relasi Jakarta-Semarang dan KA Tegal Ekspress (Jakarta-Tegal).

"Ketersediaan kursi di KA-KA tersebut sekitar 30 persen dari total tempat duduk yang dijual,"‎ kata Bambang di Jakarta, dikutip dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 23 Maret 2016.

Dia menjelaskan, tiket kereta untuk keberangkatan tanggal 25 Maret 2016, masih banyak tersedia. Misalnya, ada tiket kereta KA Argo Sindoro relasi Jakarta-Semarang, KA Argo Jati dan KA Cirebon Ekspress untuk relasi Jakarta-Cirebon, KA Anggrek Malam, KA Sembrani, dan KA Bangunkarta untuk relasi Jakarya-Surabaya, KA Purwojaya untuk relasi Jakarta-Cilacap, KA Tegal Bahari, serta KA Argo Parahyangan relasi Jakarta-Bandung.

"Jumlah ketersediaan tempat duduk KA-KA keberangkatan dari stasiun Gambir tersebut masih di atas 50 persen dari total yang tersedia," kata dia.‎

Untuk KA keberangkatan dari stasiun Pasar Senen pada tanggal 25 Maret, hanya KA Majapahit relasi Jakarta-Malang), KA Menoreh relasi Jakarta-Semarang, serta KA Gumarang relasi Jakarta- Surabaya yang masih tersedia. Kisaran ketersediaan tempat duduk untuk KA Menoreh masih 90 persen dari total kapasitas.

Sementara KA keberangkatan tanggal 26 dan 27 Maret, hanya tiket KA Matarmaja, KA Gaya Baru Malam, KA Brantas, KA Kertajaya, KA Bengawan, KA Progo, dan KA Tawang Jaya sudah habis terjual.‎

Bambang meminta kepada calon penumpang untuk memastikan jadwal keberangkatan dan tanggal keberangkatan KA dan mempertimbangkan waktu tempuh perjalanan menuju stasiun keberangkatan KA. Untuk kenyamanan pengguna jasa KA, dia juga menyarankan penumpang agar menghindari membeli tiket dari calo. Penumpang juga diminta untuk membeli tiket dari agen dan channel resmi yang bekerja sama dengan perusahaan pelat merah ini.

Bambang mengatakan bahwa maksimal berat bagasi yang dibawa penumpang itu sebesar 20 kilogram (kg) dengan volume maksimal 70cmx48cmx30cm. Kalau melebihi ketentuan, penumpang dikenakan tarif kelebihan berat bagasi sebesar Rp10 ribu per kg untuk kelas eksekutif. Untuk kelas bisnis dan ekonomi tarif kelebihan berat bagasi sesebar Rp6.000 per kg dan Rp2.000 per kg. "Di samping itu semua penumpang wajib melakukan pemeriksaan bagasi di stasiun."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya