Sektor Ekonomi Ini Paling Terguncang Teror Brussels

Penghormatan terhadap korban ledakan bom Belgia.
Sumber :
  • REUTERS/Robert Pratta

VIVA.co.id - Bursa saham di kawasan Eropa ikut terguncang akibat serangan teror di Brussels, Belgia, kemarin. Saham perusahaan sektor pariwisata jatuh terjerembab paling dalam karena teror itu.

BKPM Dorong Investasi Pariwisata di Pulau Kalimantan
 
Indeks Euro Stoxx 600 sektor rekreasi dan pariwisata tergelincir 1,9 persen pada perdangangan Selasa waktu setempat. Saham maskapai penerbangan Air France anjlok empat persen, Ryanair turun 2,9 persen dan IAG turun 2,5 persen. 
Soto-Sate Padang Dulu, Sebelum Balapan Tour de Singkarak
 
Seperti diketahui, sebagian besar maskapai membatalkan penerbangannya dari Brussels setelah ledakan tersebut terjadi. 
Toba Gran Fondo 2016 Kelilingi Kaldera Danau Toba
 
"Akan ada investasi yang terbang dalam dolar AS dari euro," ujar Penasihat Senior di Credit Suisse dilansir dari CNBC, Rabu 23 Maret 2016. 
 
Parker menambahkan, anjloknya pasar ekuitas akibat teror tersebut diperkirakan akan terjadi dalam jangka pendek. Namun untuk mengembalikan kepercayaan investor akan stabilitas keamanan di negara tersebut, membutuhkan waktu yang tidak cepat. 
 
"Salah satu berita buruk di sini adalah bahwa kita bisa melihat dampak negatif pada psikologi konsumen," tambahnya. 
 
Dampak terorisme terhadap perekonomian di kawasan Eropa memang sangat signifikan menghantam sektor pariwisata dan transportasi. Setelah serangan teror di Paris, November lalu, jumlah pembatalan penerbangan ke negara tersebut naik 21 persen, dan jumlah pemesanan baru turun 27 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menurut data dan analisis ForwardKeys. 
 
Sektor pariwisata di kawasan Eropa turun 1,3 persen pada perdangangan saham setelah serangan Paris lalu. Namun, pasar keuangan di kawasan berhasil untuk pulih keesokan harinya dengan naik 1,4 persen. (one)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya