Pameran Lukisan Sohieb Toyaraja Digelar Sebulan Penuh

Pameran Lukisan Sohieb Toyaraja
Sumber :
  • Dokumentasi Pameran Lukisan Sohieb Toyaraja

VIVA.co.id - The Spiritual Journey berhasil mempertunjukkan 38 lukisan karya Sohieb Toyaroja di Kusntkring Art Gallery dengan baik, dan sukses. Tiga orang menteri, beberapa pengusaha besar, praktisi ekonomi dan tokoh-tokoh pergerakan turut hadir menyaksikan pameran yang dibuka oleh Ketua Komisi Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Soetrisno Bachir ini pada Rabu 23 Maret 2016.

Pameran itu sendiri akan berlangsung hingga 14 April nanti, menampilkan lukisan dengan objek manusia, sarana, suasana Indonesia tempo dulu. Dalam pidato apresiasinya, Soetrisno Bachir menyebut pamer lukisan “The Spiritual Journey” sebagai hal positif dalam rangka menggali dan memperkokoh jatidiri bangsa.

Pria yang akrab disapa SB itu mengaku cukup prihatin terhadap banyaknya masyarakat yang lebih menggandrungi kreasi budaya dan karya seni impor dari negara-negara yang perjalanan sejarahnya belum sejauh dan setangguh bangsa Indonesia.

“Indonesia memiliki perjalanan yang panjang dan tangguh sebagai sebuah bangsa. Itu semua bisa menjadi hasanah spirit dan seni yang bernilai sangat tinggi. Mengapa harus menggandrungi bahkan copy paste karya-karya seni dari negara-negara yang perjalanan budayanya belum sejauh dan setangguh kita,” kata Soetrisno dalam keterangan tertulisnya yang diterima VIVA.co.id, Rabu 23 Maret 2016.

Untuk itu, kata SB, kita harus membangun kebersamaan di sektor kesenian dan kebudayaan dengan paradigma dan sikap yang jelas. Bukan hanya seniman dan budayawan yang senantiasa dituntut untuk menyajikan karya-karya istimewa, tetapi pemerintah, pengusaha dan masyarakat juga perlu melakukan action konkret yang bisa memberi ruang untuk tumbuhnya kreativitas seni dan budaya negeri sendiri.

Dengan bakat dan kekuatan karakternya, SB yakin bahwa Sohieb layak menjadi maestro lukis Indonesia di kancah global. Dia mengharapkan, para pejabat dan pengusaha yang hadir dalam acara pembukaan itu untuk membantu mewujudkan keyakinan itu.

Sesuai janjinya, pada ceremony pembukaan “The Spiritual Journey” Sohieb Toyaroja melakukan demonstrasi melukis on the spot. Menteri Perindustrian, Saleh Husin, yang hadir dalam kemeriahan itu terpilih sebagai objek lukisan on the spot yang dikerjakan oleh Sohieb selama 10 menit.

Sepanjang Sohieb beraksi melukis on the spot, melodi gitar Ega Liong yang dimainkan secara live mengalun penuh dinamika. Gitaris Blackout itu mampu menyuguhkan aransemen musik dan melodi gitar yang “lekat” dengan ekspresi Sohieb.

7 Hewan Aneh Bisa Melakukan Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

“Nada blues, jazz, rock tadi itu, semuanya sangat murni mengaliri jariku. Sesuai feel dan intuisiku saat sang pelukis beraksi,” ujar Ega.

Beberapa buah lukisan Sohieb Toyaroja terjual pada malam pembukaan itu, antara lain berjudul Membatik Tulis, Peci Soekarno, Roro Jonggrang, Musisi Karo, Glodok Siang, dan Bagan Siapiapi.

(mus)

7 Kebiasaan Unik Orang Rusia yang Membuat Wisatawan Bingung
Suku di Ethiopia

7 Suku yang Memiliki Tradisi Unik dan Aneh di Dunia, Bisa Pinjam Istri

Beberapa suku yang memiliki tradisi unik dan aneh di dunia yang mungkin jarang diketahui oleh kamu karena sudah hidup di dunia modern.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022