Robot Sophia, Bisa Tiru 62 Ekspresi Manusia

Robot Sophia dan penciptanya
Sumber :
  • SXSw

VIVA.co.id – Akhirnya, selama lebih dari satu dekade melakukan percobaan, ahli robot dari Amerika, David Hanson, menunjukkan kepada publik terobosan robot yang ia ciptakan. Robot itu diklaim memiliki kemiripan identik dengan manusia.

Mahasiswa Indonesia Rebut Juara Umum Kontes Robot di AS

Saking miripnya, Hanson memberi nama ciptaannya sebagai Sophia.
Hanson mengaku telah menyematkan semacam teknologi ‘pikiran’ pada Sophia. Teknologi ini diklaim bisa membuat Sophia berkomunikasi dan berinteraksi.

Yang menarik, menurut penuturan Hanson, Sophia bisa menirukan 62 macam ekspresi wajah manusia, seperti tertawa, mencibir, cemberut dan sebagainya.

Indonesia Diperhitungkan dalam Dunia Robotik


“Di masa depan, saya berharap bisa (membuat robot) melakukan hal-hal seperti sekolah, belajar, membuat seni, memulai bisnis, bahkan menjadi keluarga saya sendiri,” ujar Hanson, seperti dikutip CSM, Kamis 24 Maret 2016.

Dalam video demo yang ditampilkan oleh CNBC, terlihat Hanson berkomunikasi dengan Sophia. Sophia menjawab pertanyaan dari Hanson seperti layaknya manusia merespons. Robot itu juga balas bercerita dengan mengeluarkan mimik wajah.

Jejak Humanoid Anak Bangsa

“20 tahun dari sekarang, saya percaya robot mirip manusia seperi ini akan berjalan di antara kita, akan membantu kita. Mereka akan bermain dengan kita, akan mengajarkan kita, kecerdasan buatan akan berkembang ke titik ketika mereka akan benar-benar menjadi teman-teman kita,” ucap Hanson dalam video demo itu.

Dalam mendesain robot, Hanson mengaku mendapatkan bantuan dari aktris Hollywood ternama, Audrey Hepburn, dam istrinya sendiri.

Hanson memamerkan Sophia dalam festival South by Southwest di Austin, Texas, pekan lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya