Apa Kabar Divestasi Saham Newmont?

Tambang Amman Mineral.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA.co.id - Divestasi saham PT Newmont Nusa Tenggara yang rencananya akan dikuasai pemerintah pusat, hingga saat ini masih belum ada kejelasan. 

Mengoptimalkan Aset Negara
Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Sony Loho mengungkapkan, hal tersebut masih masuk rencana strategis pemerintah. Namun, apakah itu melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN), atau melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, hal itu belum diputuskan. 
 
DPD Minta Menkeu Tak Sembarang Sunat Anggaran Daerah
"Belum (ada penawaran). Sedang ditawarkan, apakah itu pemerintah yang mau beli, atau BUMN,” ujar Sony, saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Kamis 24 Maret 2016.
 
Strategi Menhub Jangkau Konektivitas Daerah Terpencil
Meski begitu, Sony mengatakan, opsi paling memungkinkan untuk mencaplok divestasi saham Newmont adalah melalui BUMN. Pemerintah saat ini masih mengkaji perusahaan BUMN mana yang memiliki dana yang cukup untuk mengakusisi saham tersebut.
 
"Alternatifnya itu BUMN. Kami juga belum tahu BUMN sanggup berapa. Nanti akan dilihat dulu," kata dia.
 
Sebagai informasi, PT Newmont Nusa Tenggara sejatinya telah menawarkan divestasi sahamnya sebesar tujuh persen kepada pemerintah sejak 2010 silam. Tapi hingga saat ini, pemerintah masih belum memutuskan sikapnya terkait denga penawaran divestasi saham tersebut. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya