Ini Jalur LRT yang Siap untuk Asian Games

LRT.
Sumber :
  • https://edorusyanto.wordpress.com

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memastikan, moda transportasi Light Rail Transit (LRT) bisa beroperasi pada saat penyelenggaraan Asian Games yang dihelat di Indonesia pada 2018 mendatang.

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo
"Bisa (Beroperasi saat penyelenggaraan Asian Games)," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Kamis 24 Maret 2016.
 
Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan
Ahok mengatakan, pemerintah provinsi masih mengejar pembangunan tahap pertama yang berjarak 83,6 kilometer meliputi ruas Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang, dan Cawang-Dukuh Atas sepanjang 42,1 kilometer.
 
Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan
Ahok mengakui, nantinya hanya rute di tahap pertama yang akan digunakan pada saat penyelenggaraan Asian Games. Pemerintah memang menargetkan pemasangan tiang pancang (groundbreaking) proyek ini pada April 2016 mendatang.
 
Meski begitu, hal ini akan bergantung pada proses revisi Peraturan Pemerintah Nomor 98 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/LRT Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.
 
Sehingga, ketujuh rute dalam proyek tersebut ditargetkan rampung pada tahun 2020 mendatang.
 
"Nanti hanya fase pertama ya. Fase itu bisa untuk macam-macam," tegas Ahok.
 
Sebagai informasi, total pembiayaan pada pembangunan LRT tahap pertama ini diperkirakan mencapai Rp23,8 triliun. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya