Mau Cegah Boros, Lakukan 5 Hal Ini

boros
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id - Di zaman sekarang, belanja dan mengeluarkan uang perlu dilakukan untuk mempertahankan hidup. Hanya saja, kegiatan tersebut perlu dilakukan dengan tepat sasaran agar tidak sampai membuat boros. 

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Kalau Anda pernah mendengar beberapa tips hemat dari pakar keuangan atau teman, maka Anda tentu tahu bahwa menghamburkan atau membelanjakan uang sembarangan merupakan jalan pasti untuk menjauhkan diri dari kesejahteraan finansial.

Kecuali  menemukan harta karun atau menang hadiah undian yang sangat besar, Anda akan sulit untuk mencapai tujuan finansial jika sering boros.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Nah, sebagian orang mungkin agak bingung apa saja yang termasuk dalam aktivitas atau barang-barang yang masih cukup layak untuk membelanjakan uang. Jangan sampai demi menerapkan tips hidup hemat, mengorbankan seluruh hobi dan gaya hidup. Anda tentu tetap perlu menikmati hidup ini.
 
Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Agar tidak ikutan bingung, simak lima macam pengeluaran yang sebaiknya dilakukan:
 
1. Alat elektronik / gadget
 
Selama hanya membeli yang dibutuhkan, membeli alat elektronik bukanlah pengeluaran yang boros. Pertimbangan membeli suatu peralatan elektronik perlu dilakukan dengan matang.
 
Meskipun ada merek peralatan elektronik tertentu yang dijual dengan harga jauh lebih murah, coba sesuaikan dulu dengan spesifikasi yang kira-kira akan diperlukan supaya tidak perlu sering-sering berganti gadget. 
 
Sebagai contoh, Anda orang yang sering bepergian sehingga butuh smartphone dengan baterai yang tahan lama. Merk smartphone A harganya Rp3 juta namun baterainya lemah dan bahkan sudah banyak keluhan dari pengguna terkait baterainya.
 
Merk B berharga Rp3,5 juta dengan baterai lebih kuat dan jarang ada pengguna yang mengeluh. Meski lebih mahal, merk B akan menyelamatkan Anda dari pemborosan energi, uang, dan waktu dalam jangka panjang.
 
2. Kebutuhan / aktivitas hobi
 
Hobi merupakan salah satu sarana untuk menghilangkan stres dalam jangka waktu pendek. Sisihkan sebagian kecil pengeluaran setiap bulan untuk tetap dapat menyalurkan hobi Anda. Misalnya, kalau Anda gemar membaca buku, maka sisihkan sebagian uang (dalam batas yang wajar) untuk membeli buku baru setiap bulan. 
 
 
3. Kegiatan perbaikan / renovasi rumah
 
Perbaikan bagian rumah atau tempat tinggal yang rusak perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan besar di masa mendatang. Anda bisa menghemat jauh lebih banyak dari perbaikan kerusakan besar dengan melakukan perbaikan secara berkala. 
 
 
4. Pergi berlibur
 
Selain menghilangkan stres, liburan juga berfungsi untuk meningkatkan dan menjaga hubungan dengan orang-orang yang diajak berlibur bersama. Selain itu, pikiran  akan lebih segar dan terbuka untuk melanjutkan pekerjaan setelah selesai berlibur dan menambah produktivitas. Usahakan untuk meluangkan waktu berlibur paling sedikit sekali dalam setahun.
 
5. Kebersihan dan kesehatan tubuh
 
Kesehatan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting. Untuk menjaga kesehatan tubuh, selalu sisihkan sebagian pengeluaran bulanan untuk menjaga agar badan tetap sehat.
 
Sebagai contoh, Anda bisa menyisihkan uang untuk olahraga atau gym. Bisa juga bisa sisihkan uang untuk kontrol kesehatan gigi secara teratur, atau sekadar membeli obat generik sebagai pengganti simpanan obat yang sudah kedaluwarsa. Makanan sehat merupakan barang lain yang perlu dipikirkan.
 
Jangan korbankan kualitas demi mendapatkan bahan-bahan makanan super murah tapi berkualitas rendah. Jika sampai jatuh sakit, apalagi sampai sakit keras, maka uang yang dikeluarkan bisa jauh lebih besar daripada uang yang dihemat untuk membeli makanan berkualitas rendah tersebut.
 
 
 
 
 
 
catatan
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya