Ingin Perut Kencang, Coba Latihan Plank

Ilustrasi gerakan plank
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Masalah umum yang paling sering ditemui pada wanita adalah bagian perut dan lengan yang tidak kencang. Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan di mana pun, tanpa harus pergi ke tempat pusat kebugaran.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Plank terkenal efektif  membentuk otot perut dan bahu, sekaligus otot di seluruh tubuh. Plank tidak membutuhkan banyak gerakan, namun yang penting diperhatikan adalah menjaga badan tetap dalam posisi yang tepat.
 
Olahraga yang Baik untuk Dapatkan Jantung Sehat
Bagi yang belum pernah melakukannya, plank termasuk sangat mudah dilakukan. Pertama, berbaring di lantai dengan perut menghadap ke bawah. Tekuk bagian siku hingga 90 derajat dan bertumpu pada bagian ini. Tubuh harus dalam posisi garis lurus dari kepala hingga ujung jari kaki.
 
Pengakuan Dian Sastro soal Bajunya yang Longgar
Sesuaikan lengan dan ujung jari kaki harus menyentuh lantai, siku ada di bawah bahu. Jaga tubuh tetap selurus mungkin, kencangkan otot perut. Cobalah tidak menekuk pinggul ke lantai.
 
Untuk lebih efektif, berikut tips yang bisa dicoba seperti dilansir Genius Beauty, dan bagi pemula lakukan hanya dalam durasi 10 detik, kemudian tingkatkan sedikit demi sedikit, mulai dari 20 detik hingga dua menit.
 
Telapak Kaki
 
Letakkan kaki sejajar, dengan seperti ini akan lebih sulit untuk menjaga keseimbangan, dan akan meningkatkan tekanan pada otot perut.
 
Kaki
 
Kedua kaki harus lurus dan kencang, sebaliknya beban pada otot perut yang mencegah defleksi pada bagian belakang juga akan berkurang.
 
Pantat
 
Kencangkan bagian pantat selama latihan. Bayangkan seolah pinggang tetap ketat menempel pada dinding. Jika dilakukan dengan benar, tulang belakang akan rata, pinggang akan melingkar dan tidak bengkok.
 
Perut
 
Tarik perut dan coba bayangkan mendekatkannya dengan bagian iga. Sepanjang latihan, jaga bagian perut tetap seperti ini, namun jangan menahan napas.
 
Siku
 
Untuk mencegah rasa sakit pada bahu, istirahatkan siku di bawah bahu yang didekatkan.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya