Bulan Depan, Dexlite Sapa Pemilik Kendaraan

Ilustrasi Nozzle BBM.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Varian bahan bakar minyak (BBM) baru milik PT Pertamina, dexlite, tengah diproses perizinannya. Nantinya, pertengahan bulan depan BBM jenis baru ini akan meluncur.

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
"Nanti pertengahan April akan kami launching dexlite," kata Vice President Fuel Marketing Pertamina, Afandi, dalam acara "Stabilisasi Harga BBM untuk Menjamin Pertumbuhan Ekonomi" di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2016.
 
Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
Afandi mengatakan, harga dexlite berada di tengah-tengah harga solar dan pertamina dex. Harga jual BBM berangka cetane 51 ini, akan dibanderol sebesar Rp7 ribu per liter.
 
Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan
"Harganya sekitar Rp6.000-7.000 per liter," kata dia.
 
Sebelumnya, Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, mengatakan kandungan cetane dexlite berada di antara kandungan cetan solar/biosolar dengan pertamina dex. 
 
Dikatakan bahwa kandungan cetane solar/biosolar sebesar 48, dexlite 51, dan dex 53. Kandungan sulfur dexlite pun lebih tinggi daripada kandungan solar/biosolar dan pertamina dex.
 
"Kandungan sulfur solar/biosolar 3.000-3.500 ppm, dex 300 ppm, dan dexlite 1000-1.200 ppm. Emisi jauh lebih bagus, bertenaga, dan efisien," kata dia ketika dihubungi VIVA.co.id di Jakarta.
 
Saat ini, kata Ahmad, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menunggu proses perizinan niaga dexlite yang berada di Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. 
 
"(Sementara) izinnya masih proses, uji coba dan persiapan infrastruktur jalan terus," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya