Cegah Cyber Crime, Pekerja IT BEI Bakal Disertifikasi

Ilustrasi peretas (hacker).
Sumber :
  • allpinoynews
VIVA.co.id
Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah
- PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah berupaya mencegah adanya
cyber crime
Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah
atau kejahatan di sistem informasi dan teknologi oleh para hacker
IHSG Berusaha Bertahan di Atas 5.400, Pilih Empat Saham Ini
(peretas). 

Untuk itu, diperlukan sertifikasi khusus bagi para ahli di bidang teknologi informasi yang bekerja di BEI.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio mengatakan, di BEI saat ini ada ratusan ribu investor yang menaruh investasinya setiap hari. 

Saat ini, kata dia, BEI mencatat rata-rata sebanyak 300 ribu transaksi untuk setiap harinya. Sementara, transaksi harian jual beli saham tersebut mencapai Rp6-7 triliun yang dilayani 115 broker perusahaan sekuritas dan semuanya dilakukan secara online trading.

"Memang kalau ditanya tadi mana yang paling sensitif, ya adalah yang ada duitnya, itu yang utama. Kedua, adalah masuk dari gateway itu, yang ketiga, manusia. Saya takutkan attacknya adalah dari manusia," kata Tito, usai diskusi bertajuk "Cyber Security: Opportunity and Challenge" di Jakarta, Selasa, 29 Maret 2016. 

Tito mengibaratkan, bahwa semua ahli IT di bursa merupakan pengemudi yang ahli menyetir. Namun, mereka tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM).

"Jadi enggak ada peraturan bahwa semua orang harus punya sertifikasi kalau ingin duduk di jabatan tertentu di bidang IT. Sementara, sertifikasi itu kan belum," katanya.

Ironinya, kata Tito, jika ingin menjadi wakil perdagangan efek tentu harus mendapatkan sertifikasi terlebih dahulu, sama halnya seperti auditor.  

Namun, untuk pekerja IT yang menyalakan sistem setiap harinya sejak pagi pukul 06.30 untuk memonitor perdagangan. 

"Setiap 6.30 setiap hari dan yang memonitor perdagangan. Ini (sertifikasi) yang sedang kami diskusikan," ujarnya.

Meski demikian, Tito mengaku, jika pihaknya telah menerapkan sistem keamanan berlapis untuk mengamankan layanan data nasabah. Apalagi, pihaknya telah mendapatkan ISO 27 001 di bidang manajemen pengamanan informasi.

"Keamanan berlapis itu ada. Insya Allah sudah terpenuhi, tapi kami tetap hati-hati. Karena bahaya banyak sekali, banyak yang masuk ke sistem, baik broker, wakil perdagangan efek, bisa masuk langsung. Itu yang sebenarnya membahayakan," ujarnya.

Tito mengaku, jika pihaknya setiap empat tahun sekali investasi di bidang IT. Seperti pada tahun ini, BEI akan mulai melakukan peningkatan IT dan melakukan upgrade data center yang ditargetkan selesai pada Mei tahun depan. 

"Setiap empat tahun sekali itu ada untuk peningkatan IT, itu absolute, maka tahun ini kami akan meningkatkan atau upgrade data center, targetnya selesai Mei tahun depan, tapi tahun ini udah dimulai."

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya