Khawatir Pasokan Terus Melimpah, Harga Minyak Anjlok

Rig minyak
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Stok Minyak Dunia Melimpah, Harga Terus Jatuh
- Harga minyak dunia jatuh pada perdagangan kemarin, Selasa 29 Maret 2016, dikarenakan kekhawatiran pasokan minyak dunia akan terus naik. 

Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
Dilansir CNBC, Rabu 30 Maret 2016, harga minyak Eropa, Brent, anjlok US$1,04 atau 2,58 persen ke US$39,26 per barel. Sedangkan minyak mentah Amerika Serikat (AS) ditutup tergelincir US$1,11 di US$38,28 per barel. 

Saham di Wall Street Ditutup Sedikit Menguat
Harga minyak mentah sudah naik lebih dari 45 persen sejak pertengahan Februari, menjelang pertemuan negara-negara produsen minyak bulan depan. Namun timbul skeptisme terkait hasil pertemuan tersebut. 

Kelompok negara-negara ekspor minyak, OPEC, akan bertemu dengan negara-negara pemasok minyak besar lain, seperti Rusia, pada 17 April nanti di Doha. Mereka akan mendiskusikan pemangkasan pasokan minyak dunia untuk mendongkrak harga.

Iran menyatakan akan menghadiri pertemuan tersebut, namun tidak akan terlibat dalam negosiasi menghentian produksi minyak.   

Bahkan, Kuwait, menyatakan sudah setuju dengan Arab Saudi untuk melanjutkan produksi bersama di lapangan minyak Khafji, yang sudah ditutup sejak Oktober 2014. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya