Ini Saran Megawati Capai Swasembada Beras

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Ketua Umum PDI-Perjuangan yang juga Mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri, mengatakan Indonesia seharusnya bisa melaksanakan swasembada beras. Salah satu caranya, yaitu memperkenalkan makanan pokok di luar beras.

Kurang Tenaga Pertanian, Indonesia Darurat Pangan
Menurut Mega, sumber karbohidrat bagi mayoritas rakyat Indonesia tidak harus selalu dari beras. Beberapa komoditas lain, seperti umbi-umbian dan jagung juga merupakan makanan yang bergizi layaknya beras.
 
Mematahkan Peluang Tanpa Tanding Ahok
"Kita bisa loh swasembada beras, kalau impor terus hanya menguntungkan sebagian orang, padahal ada sumber karbohidrat lain seperti umbi-umbian, sayuran, dan jagung," ujar Mega, dalam acara 'Konvensi Nasional tentang Haluan Negara' di JCC, Jakarta, Rabu, 30 Maret 2016.
 
Ke Manado, Megawati Kunjungi Gereja
Dia menjelaskan, sebagian penduduk Indonesia telah mempunyai makanan pokok lain, seperti sagu bagi masyarakat Papua dan jagung bagi masyarakat Madura. 
 
Untuk itu, pemerintah diminta melestarikan alternatif pangan tersebut kepada masyarakat, agar tidak melulu bergantung kepada beras. "Kalau orang Timur tanya saja, kamu mau sagu apa beras, pasti mereka mau sagu," kata dia.
 
Putri Presiden pertama RI itu pun mengingatkan pentingnya pemerintah menjaga ketahanan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia.
 
"Makanan bisa menyelamatkan, walau revolusi belum selesai," ujar Mega mengutip kata-kata Bung Karno.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya