Kota Mati Ditemukan di Pinggiran Sungai Nil Mesir

Situs penggalian Gebel el Sisila di Mesir
Sumber :
  • Gebel el Sisila Survey Project

VIVA.co.id – Sebuah kota mati ditemukan di situs penggalian di Mesir di Gebel el Sisila. Kota mati atau Necropolis hanya berisi puluhan makam yang ditandai dengan bebatuan.

Makam Kuno di Perancis Menghadap Kiblat, Siapa Mereka?

"Sejauh ini kami baru mendokumentasikan 40 makam, termasuk sebuah kuil yang terletak di tepi sungai Nil. Banyak makam yang kondisinya sudah rusak karena mengalami erosi berat dan pembusukan ekstrim disebabkan air naik dan kandungan garam yang tinggi," ujar Direktur Proyek Survei Gebel el Sisila yang juga arkeolog dari Lund University, Maria Nilsson, seperti dikutip dari Discovery News, Kamis, 31 Maret 2016.

Nilsson dan tim penggali fokus membersihkan bagian-bagian kecil dari makam. Di dekat makam-makam itu juga ditemukan kuil kuno. Kuil itu dibangun dengan menggunakan potongan batu-batu kecil dan memiliki dua kamar terbuka menghadap sungai. Pintu di dalamnya dihiasi dengan piringan berbentuk matahari bersayap.

Jumlah Fantastis Kuburan Massal 1965 Dilaporkan

"Minimnya dekorasi di bagian dalam dan luar menyebabkan kami kesulitan meneliti identitas manusia yang dikubur di dalamnya. Kami belum bisa mengidentifikasi sampai saat ini," ujar Nilsson.

Mereka berspekulasi, karena pemakaman memiliki pola yang rumit maka kemungkinan besar makam itu tidak menguburkan para pekerja tambang tapi untuk mereka yang memiliki pangkat lebih tinggi. Namun bukan untuk pangkat yang tertinggi melainkan di level tengah. Pasalnya, para pejabat tinggi zaman dahulu di wilayah itu dimakamkan di Thebes.

Ilmuwan Ungkap Misteri Hewan Unicorn yang Sebenarnya

Di sekitar batu-batu makam itu ditemukan plester pembungkus mumi yang sudah berlumpur. Ada juga manik-manik dan jimat yang kemungkinan berasal dari sisa-sisa hiasan peti mati. Ini menunjukkan jika makam diperuntukkan bagi individu dengan status yang cukup terpandang.

Dalam penelitiannya, arkeolog juga menemukan cincin bersegel yang bisa dibalik, yang menggambarkan tulisan hieroglif dari Firaun, Thuthmosis III 'Men-kheper-re'. Ada juga jimat berbentuk kumbang yang dihiasi nama raja Firaun.

Komplek makam yang dinamakan New Kingdom itu juga memiliki gudang. Di dalamnya dipenuhi ruang penyimpanan, kendi bir dan bejana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya