Bermula dari Hobi, Kaftan Dua Wanita Ini Tembus Amerika

Kaftan rancangan Dira Auliandary dan Ulfah Adrian.
Sumber :
  • @her_saturday

VIVA.co.id - Di beberapa negara seperti Rusia dan Persia, kaftan digunakan oleh kaum pria. Namun berbeda dengan Maroko, kaftan justru digunakan oleh kaum perempuan begitu pula di Indonesia.

Baju model ini menarik perhatian masyarakat Indonesia karena desainnya yang sederhana dan elegan. Melihat besarnya minat masyarakat Indonesia terhadap busana asal Timur Tengah ini, segelintir orang mencoba peruntungannya dalam berbisnis baju kaftan.

Salah satunya Dira Auliandary dan Ulfah Adrian. Keduanya mencoba berbisnis baju kaftan melalui media sosial Instagram. Usaha ini mereka mulai pada Oktober 2014 lalu dan nasib baik menghampiri dua sahabat ini, di mana pakaian yang mereka jual dipakai oleh artis papan atas, seperti Olla Ramlan, Ashanty, Syahnaz, Audi dan Tasya Kamila.

"Kita mulai bisnis ini karena kita melihat ada potensi market di situ, dan waktu itu juga lagi booming kaftan, jadi kita coba ikutan," kata Dira di Jakarta, Jumat, 1 April 2016.

Bisnis ini sebenarnya diawali oleh hobi mereka untuk membuat baju rancangan sendiri dan hasilnya banyak diminati. Menurut Dira dan Ulfa, potongan yang tidak terlalu lebar dan motif yang tidak pasaran adalah ciri khas dari rancangannya.

"Awalnya hobi jahit buat diri sendiri, terus banyak yang tanya-tanya. Kelihatannya lagi diminati, jadi coba dan ternyata lumayan," kata Ulfa.

Selain pasar Indonesia, produk yang dijual juga merambah ke negara tetangga seperti Brunei, Malaysia, Australia hingga Amerika Serikat (AS). Bahkan pelanggan kaftan ini ada yang datang langsung ke Indonesia untuk membeli kaftan hasil rancangan mereka.

Saat ini, berbagai produk kaftan buatan Dira dan Ulfa hanya bisa dipesan melalui akun @her_saturday. Tidak hanya kaftan untuk acara-acara tertentu, di sini juga tersedia kaftan yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan jenis pakaian lain berupa outer, celana, dan atasan.

Koleksi Rhodes di London Fashion Week Terinspirasi Kaftan

Kaftan rancangan Dira Auliandary dan Ulfah Adrian.

Ilustrai kaftan

Bertahan di Bisnis Online Via Instagram

Mereka tak tertarik gabung dengan pusat perbelanjaan online ternama.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2016