Organda: Seluruh Angkutan Umum Bakal Berfasilitas AC

Penumpang berjalan di antara deretan mikrolet di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Organisasi Angkutan Darat (Organda) berencana untuk menjadikan seluruh angkutan umum yang beroperasi di DKI Jakarta difasilitasi penyejuk udara (air conditioner/AC), sesuai dengan standar pelayanan minimum kenyamanan berkendara.

Cara Pasang Lebih dari Satu BBM dalam Satu Smartphone
 
Ketua Dewan Pengurus Pusat Organda, Shafruhan Singungan, mengatakan, asosiasinya saat ini tengah membicarakan rencana tersebut kepada pemerintah terkait, guna merealisasikannya. Cakupannya pun nantinya tidak hanya mengacu pada bus berskala besar atau sedang.
Ketersediaan LPG & BBM Jelang Lebaran, Harus Terkontrol
 
“Kami akan ubah, dan remajakan semua dengan AC, termasuk untuk mikrolet,” ujar Shafruhan, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin, 4 April 2016.
Respons KMP Rafelia II, Kemenhub Terbitkan 5 Aturan Baru
 
Shafruhan menjelaskan, para pengemudi angkutan umum pun nantinya akan mendapatkan pelatihan khusus standar mengemudi yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
 
Dengan begitu, aspek pelayanan minimum angkutan umum yang mengutamakan kenyamanan bisa terpenuhi.
 
“Paling penting itu sistem tata kelola, dan manajemennya bisa diatur dalam satu wadah. Intinya, bagaimana memberikan kenyamanan bagi penumpang,” katanya.
 
Shafruhan berharap, rencana tersebut bisa direalisasikan pada tahun ini, mengingat mayoritas angkutan umum yang beroperasi di DKI Jakarta memang saat ini sudah tidak layak pakai. 
 
Artinya, angkutan umum sebenarnya sudah tidak memenuhi standar pelayanan minimum yang ditetapkan. “Nanti bus regional tanpa AC tidak ada di Jakarta. Kami berharap proses bisa mulai tahun ini, sampai ke depan. Karena ini amanat,” tuturnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya