Empat Cara Mudah Bikin Kartu Kredit

Kartu kredit
Sumber :

VIVA.co.id - Apakah kamu pernah melihat orang menggunakan kartu kredit, atau mungkin kamu sendiri sudah menggunakannya?

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Kartu kredit merupakan alat alternatif transaksi yang sudah umum digunakan oleh masyarakat sekarang, selain alat pembayaran tunai, seperti kartu debit, atau uang tunai. Fitur menunda pembayaran dan merangkum seluruh transaksi bulanan dalam satu lembar tagihan dianggap praktis untuk mengatur pengeluaran.

Bukan hanya itu saja. Kalau paham cara penggunaannya, kartu kredit justru dapat membantu berhemat hingga jutaan rupiah. Ada sejumlah alasan utama penghematan dengan kartu kredit lebih mungkin dilakukan dibandingkan, dengan alat pembayaran lain. Yakni, promosi-promosi yang ditawarkan oleh bank ataupun merchant untuk kartu kredit tersebut.

Namun, syarat utamanya adalah kamu hanya menggunakannya untuk transaksi yang sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, kamu biasa berbelanja kebutuhan sehari-hari di supermarket dengan pengeluaran sebesar Rp1 juta per bulan menggunakan uang tunai. Kalau kamu memakai kartu kredit dengan fitur diskon 10 persen, maka kamu akan memperoleh penghematan sebesar Rp100 ribu per bulan, alias Rp1,2 juta per tahun.

Nah, itu baru contoh untuk supermarket. Bisa dibayangkan, jika melakukannya untuk berbagai transaksi rutin lainnya. Kartu kredit dapat membantu untuk hidup hemat, jika dimanfaatkan dengan benar.

Bagi kamu yang sedang berpikir untuk buat kartu kredit, simak empat cara mudah untuk melakukannya:

1. Coba ajukan pada saat membuka rekening di bank

Saat kamu membuka rekening tabungan di bank, ada kemungkinan akan ditawarkan dengan sendirinya oleh bank yang bersangkutan untuk mengajukan kartu kredit. Memang biasanya tidak langsung ditawarkan sejak awal, tetapi peluang pengajuan kartu kredit kamu disetujui juga lebih besar, kalau bank tersebut yang menawari langsung.

Saat kamu memiliki rekening tabungan, bank yang bersangkutan bisa mengecek kesehatan arus kas tabungan kamu. Ini membantu dalam analisis kredit mereka.

Sebagai alternatif, beberapa bank menempatkan tenaga pemasaran mereka di sejumlah ATM bank mereka. Kamu bisa sekalian bertanya-tanya mengenai fitur-fitur kartu kredit kamu inginkan pada mereka.

2. Mendapat referensi dari teman

Saat teman kamu kebetulan ditelepon untuk ditawari membuat kartu kredit oleh bank, minta temanmu tersebut untuk mereferensikan nama kamu juga. Pihak sales bank untung, karena mendapat dua calon, sedangkan kamu juga untung karena bisa langsung ikutan mengajukan aplikasi kartu kredit.

Terkadang, saat ada pihak sales bank yang berkunjung ke kantor untuk mengambil aplikasi teman, kamu bisa ikutan nimbrung. Jadi, kamu bisa langsung mengajukan instan.

Baca juga: Perlu Referensi Cara Mendapatkan Kursi Pesawat Kelas Bisnis Harga Ekonomis? Cek di Sini!

3. Masuk langsung ke situs bank yang kamu inginkan

Saat ini, kebanyakan bank sudah memiliki situs sendiri. Tidak hanya menampilkan informasi soal produk perbankan, biasanya mereka juga menyediakan formulir online untuk dapat diisi langsung untuk pengajuan kartu kredit. Nanti, kamu akan dihubungi oleh petugas untuk proses lebih lanjutnya.

Namun, perlu kamu ingat bahwa cara ini hanya tepat, jika kamu yakin untuk mendaftar di bank tersebut. Kalau berniat mencari informasi berbagai produk kartu kredit sekaligus, sebelum memutuskan untuk mengajukan aplikasi, gunakan cara terakhir berikutnya.

Baca juga: Pengen Jadi Kaya Tanpa Repot Cari Tambahan Penghasilan? Simak Caranya di Sini!

4. Pakailah situs perbandingan kartu kredit online

Masih ingat dengan contoh di atas tentang kartu kredit bisa memberikan penghematan kalau digunakan dengan tepat?

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Salah satu kebiasaan banyak orang adalah ikut-ikutan tren memiliki kartu kredit tanpa memikirkan apakah kartu kredit tersebut berguna atau tidak. Yang penting, pokoknya punya kartu kredit. Apakah kamu termasuk yang ikutan tren semata?

Kalau kamu ingin punya kartu kredit dengan tujuan untuk membuat lebih hemat dan sejahtera, kamu perlu mencari tahu produk kartu kredit yang pas. Contohnya, kamu sering jajan makanan di restoran, tapi malah mengajukan kartu kredit yang lebih dikhususkan untuk wisata. Akibatnya, kartu kredit tersebut jadi kurang berguna.

Nah, supaya tidak perlu ribet melakukan riset, sebaiknya gunakan situs populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya. Kamu bisa menghemat waktu, sekaligus memperbesar kemungkinan untuk menghemat uang dengan kartu kredit yang tepat. (asp)

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016