Lakukan Ini Agar Ikatan Ayah dan Bayi Makin Kuat

Ilustrasi pria mengasuh anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Kebanyakan peran ayah sangat minim pada masa pertumbuhan dan perawatan bayi. Padahal, tidak hanya ibu, tapi ayah juga perlu berpartisipasi dalam tumbuh kembang anak guna mendapatkan ikatan batin yang lebih kuat.

Sayangnya, dalam beberapa kasus, ayah merasa kurang mampu melakukan hal tersebut. Ini mengingat keterbatasan waktu dan kurangnya pengetahuan dalam merawat bayi yang baik dan benar.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ayah yang senang memijat bayinya cenderung memiliki ikatan batin yang lebih kuat dibanding ayah yang tidak pernah atau jarang menyentuh atau memijat bayinya.

"Untuk ayah, sebaiknya dapat berperan aktif dalam memainkan peran guna mewujudkan ikatan batin lebih kuat. Sang ayah dapat belajar pelatihan untuk memijat agar para ayah terlihat menjadi hangat dalam menangani bayinya dan lebih ekspresif," ujar Direktur PT Johnson & Johnson Vishnu Kalra, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin, 4 April 2016.

Dia menambahkan bila cara itu rutin dilakukan, maka pertumbuhan bayi akan lebih cepat, bahkan bayi akan bisa menyapa ayahnya. Beberapa gerakan bayi yang ditunjukkan, seperti kontak mata, senyuman, suara-suara maupun gerakan tangan ke arah ayahnya.

Adapun manfaat lain ayah memijat bayinya, yaitu ayah dapat memahami perawatan buah hatinya dengan lebih baik. Selain itu, memiliki kepekaan yang lebih besar dalam merawat dan melibatkan diri dalam tumbuh kembang bayi.
 

Benarkah Pijatan Bisa Menambah Berat Badan Bayi?
pijatan jari tangan

Enam Pijatan Jari Tangan Ini Sehatkan Seluruh Tubuh Anda

Dengan pijatan ini Anda bisa segera sembuh dengan cepat dan efektif.

img_title
VIVA.co.id
16 November 2015