Ingin Ikut Garap, Pertamina Pelajari Data-data Blok Masela

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - PT Pertamina menegaskan minatnya untuk ikut serta dalam pengembangan lapangan gas abadi Blok Masela di Maluku. Saat ini, Pertamina masih mempelajari data-data terkait, sambil melakukan penjajakan kepada pihak "penguasa" lapangan abadi tersebut, yakni Inpex dan Shell.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, pihaknya saat ini masih berfokus untuk mempelajari data-data yang diberikan oleh pihak pengelola untuk dipahami lebih lanjut.

"Kita sudah menyampaikan minat kita, sekarang sedang dibahas di pemerintahan dan sebagainya, dan kita juga sudah mulai diberikan akses untuk mempelajari data-data," kata Dwi di kantor pusat Pertamina, Senin 4 April 2016.

Diutarakan, pihaknya telah melakukan komunikasi yang intensif dengan Inpex. Bahkan, pembicaraan tersebut telah dilakukan, sebelum adanya arahan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo untuk ikut mengembangkan proyek tersebut.

"Kita sudah ngomong dengan Inpex sebelum instruksi Presiden, beberapa hari sebelumnya," kata dia.

Meski demikian, Dwi masih enggan menyebut berapa participating interest, atau hak partisipasi (PI) yang diinginkan oleh pihaknya. Pihaknya, tentu ingin mengambil bagian yang besar untuk pengembangan kilang gas di Blok Masela tersebut.

"Nanti, kita lihat nilainya berapa dan kemampuannya berapa. Kalau sudah diputuskan, jadi akan dilaksanakan. Nanti, tergantung kalkulasi kita. Pembicaraan masih pendahuluan, soal dana kita, ya dicarikan nanti," tutur dia. (asp)

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
Pengumuman Direksi Pertamina oleh Menteri BUMN

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Pengkajian secara bisnis dilakukan perseroan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016