Jackie Chan Terseret Skandal Pajak Panama Papers

Skandal cinta terlarang Jackie Chan
Sumber :
  • REUTERS / Edgar Su

VIVA.co.id - Nama bintang film asal China Jackie Chan turut terseret dalam skandal pajak Panama Papers. Aktor laga tersebut diketahui memiliki sedikitnya enam perusahaan di bawah pengelolaan Mossack Fonseca.

Jerman Keluarkan Perintah Penangkapan Internasional Terkait Skandal Panama Papers

Seperti dilansir laman Panamapapers.icij.org, Mossack Fonseca merupakan firma yang membuat perusahaan cangkang (shell companies) terbaik di dunia. Perusahaan cangkang adalah sebuah struktur korporasi yang dapat digunakan untuk menyembunyikan kepemilikan aset.

Meski tercatat sebagai klien Mossack Fonseca, tak ada bukti bahwa Jackie Chan menggunakan perusahaannya untuk tujuan tak terpuji. Mempunyai perusahaan offshore bukanlah sesuatu yang otomatis ilegal.

Terkuaknya Dokumen Surga Penghindar Pajak

Selain Jackie Chan, skandal pajak ini juga turut menyeret nama-nama tokoh dunia, politisi, hingga atlet. Dari dunia sepakbola, nama Lionel Messi tercantum dalam dokumen yang bocor. 

Messi dan sang ayah adalah pemilik sebuah perusahaan di Panama, Mega Star Enterprises Inc. 

Apple Masuk dalam Bocoran Paradise Papers
Kebocoran dari hampir 12 juta lembar dokumen keuangan menjadi salah satu yang terbanyak dalam sejarah dunia. (Graphic: Nick Wiggins. Photos: Ludovic Marin/Reuters, Alesia Kozik/Pexels.)

Pandora Papers Menguak Rahasia Orang Terkaya dan Terkuat di Dunia

Para pemimpin dan politisi dunia, termasuk dari Indonesia masuk dalam daftar ini. Dokumen ini menunjukkan "banyak kemunafikan" dari mereka yang kaya dan berkuasa.

img_title
VIVA.co.id
8 Oktober 2021