Bakal Akuisisi Newmont, Saham Medco Melonjak 13,58 Persen

Kilang Medco Energi
Sumber :
  • Company Profile Medco Energi 2010

VIVA.co.id - Ambisi pengusaha nasional pemilik PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), Arifin Panigoro, untuk mencaplok seluruh saham PT Newmont Nusa Tenggara, membuat harga saham MEDC melonjak 195 poin atau 13,58 persen ke posisi Rp1.630 dari harga pembukaan Rp1.435.

Saham MEDC, pada penutupan sore ini, Selasa, 5 April 2016, sempat menempati harga tertinggi di posisi Rp1.680 dan posisi terendah di harga Rp1.410.

Medco saat ini sedang mencari pinjaman ke banyak bank untuk membeli 76 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara. Menurut Arifin, pinjaman tersebut berasal dari pinjaman dalam dan luar negeri. Salah satunya berasal dari Bank Mandiri.

"Tunggu pengumumannya. Pokoknya itu diambil alih seluruhnya. Dalam dan luar (bank). Direstrukturisasi semua, cuma beberapa hari lagi, nanti saya undang," kata Arifin.

Sekadar informasi, saat ini pemegang saham mayoritas  NNT adalah Nusa Tenggara Partnership BV, sebesar 56 persen. Adapun pemegang saham Nusa Tenggara Partnership BV adalah Newmont Mining Corporation dan Sumitomo Corporation.

Sementara itu, sisa saham Newmont Nusa Tenggara dimiliki oleh PT Pukuafu Indah sebesar 17,8 persen dan PT Indonesia Masbaga sebesar 2,2 persen, dan 24 persen dimiliki oleh PT Multi Daerah Bersaing.

Medco Mau Caplok Newmont, Sahamnya Merangkak Naik

(mus)

Menteri BUMN Rini Soemarno

Menteri BUMN Masih Tertarik Beli Saham Newmont

"Saya katakan pada deputi, tolong dilihat bagaimana potensi Newmont."

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016