Waspadai Delapan Hambatan Bisnis dari Rumah

Ilustrasi reseller menyusun strategi.
Sumber :

VIVA.co.id - Berwirausaha merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan melihat peluang. Saat ini menjadi wirausaha bisa berpeluang mendapatkan keuntungan yang besar pula. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Namun, memang tidak bisa terjadi secara instan. Ketika Anda berani mengembangkan usaha, Anda juga harus berani menerima risiko jatuh bangun. Maka, keuletan diperlukan untuk membuat usaha Anda sukses mengalir. 
 
Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
Dalam urusan bisnis modal memang kebutuhan utama untuk mengembangkan bisnis, tetapi keterampilan mengelolah dan kejelian membaca peluang menjadi trik paling penting dalam mengelola usaha.Meskipun usaha dikelola dari tempat kecil, jika Anda mampu membaca peluang, maka usaha juga bisa melejit. 
 
Bangun 'Mindset' Bisnis UKM Sukses Ala Steve Jobs
Misalnya saja, usaha rumahan atau home industry yang sekarang banyak dilakukan. Meskipun Anda sudah meminimalisir penyewaan tempat usaha, misalnya bisnis online, Anda juga perlu memperhatikan beberapa kesalahan yang bisa terjadi. 
 
Memang, menjalankan bisnis dari rumah memang bisa dilakukan dengan fleksibel. Anda tinggal mengelola usaha di rumah, uang pun mengalir dan keuntungan sudah bisa Anda dapatkan. Hal itu memang tidak ada salahnya, tetapi akan mendapatkan masalah jika anda melakukan delapan kesalahan bisnis dari rumah seperti ini. 
 
1. Menghabiskan terlalu banyak waktu di rumah
 
Meskipun bekerja di rumah sangat mudah dijalankan dan Anda mempunyai waktu banyak di rumah, tetapi cara ini juga tidak baik. Mengandalkan internet saja untuk berwirausaha tidak cukup. Anda akan stres dan kesepian jika terlalu lama berada di rumah. 
 
Sebaiknya usahakan untuk bisa bertatap muka dengan konsumen untuk mendapatkan relasi yang lebih banyak lagi. Sempatkan waktu setidaknya untuk menghadiri pertemuan suatu kelompok, misalnya bekerja dari kedai kopi.
 
Melalui cara ini Anda akan lebih bisa mengembangkan bisnis melalui relasi dengan orang yang berbeda. Selanjutnya bisa dikelola dari rumah dengan modal internet tadi.
 
2. Bekerja 24 jam selama tujuh hari
 
Bekerja dalam waktu yang terlalu lama tentu melelahkan meskipun hanya berada di depan layar komputer. Namun, cara tersebut justru akan menjenuhkan dan akhirnya melelahkan. 
 
Untuk mengembangkan bisnis online juga diperlukan waktu libur agar Anda bisa beristirahat atau mencari inspirasi keluar rumah. Pilihlah satu hari untuk libur atau tidak melayani pesanan dari pelanggan. 
 
Tenang saja, pelanggan tidak akan beralih ke tempat lain jika Anda tetap pintar dalam mengatur strategi penjualan.
 
 
3. Membiarkan interupsi
 
Bekerja di rumah tentu bisa berleha-leha karena tidak ada gertakan dari bos. Bisa membalas chating teman atau sekadar membuka sosial media. 
 
Namun, jika dilakukan terus menerus bisnis Anda juga akan hancur. Maka, sisihkan hari Anda untuk tidak menjawab telepon atau gangguan lain seperti laundry. Pastikan Anda bisa menjawab telepon jika panggilan tersebut masih urusan bisnis Anda.
 
4. Terlalu tergantung pada keluarga
 
Keluarga memang orang yang paling dekat dengan Anda. Membicarakan bisnis dengan keluarga atau pasangan memang bisa menjadi langkah awal. Namun, jika terus-terusan membicarakan bisnis pada mereka, mereka juga akan jenuh. 
 
Apalagi mereka tidak begitu memahami bisnis yang Anda jalankan. Untuk mendapatkan ide-ide baru, sebaiknya Anda mencari relasi lain dengan keluar rumah dan bertemu dengan orang-orang baru.
 
 
5. Gagal membuat wilayah kerja
 
Seringkali di rumah banyak gangguan  dari hal-hal lain seperti pekerjaan rumah. Jika Anda tidak bisa menyingkirkan pekerjaan itu tentu pengelolaan bisnis dari rumah akan berantakan. 
 
Anda tidak bisa fokus berselancar dengan bisnis Anda karena gangguan pekerjaan yang terkadang ada di depan mata. Singkirkan semua itu agar terkesan profesional.
 
6. Membiarkan karyawan bebas menggunakan rumah Anda
 
Rumah Anda tentu berisiko rusak jika membiarkan karyawan bertingkah seenaknya di rumah Anda. Sebaiknya buat peraturan juga untuk karyawan Anda.
 
7. Rumah tidak tertata
 
Kesibukan sepanjang hari di rumah membuat Anda tidak mempunyai waktu untuk berbenah. Hal ini tentu menjadi kesalahan besar jika Anda sibuk bekerja di rumah.
 
 
8. Tanpa rencana
 
Ketika Anda bangun pagi yang terpikir ialah bisnis. Pada saat itulah Anda tidak mempunyai rencana untuk melakukan hal-hal lain. Buatlah agenda perencanaan jangka panjang dan pendek agar tidak jenuh, pastikan sisihkan satu hari untuk refreshing.
 
Jalankan usaha Anda secara profesional
 
Menjalankan bisnis dari rumah memang lebih menghemat waktu dan pengeluaran uang transportasi setiap harinya. Namun, Anda juga perlu mewaspadai hambatan-hambatan di atas agar bisnis Anda tetap berjalan lancar dan sukses. 
 
Jadi, jalankan usaha Anda dengan profesional, dan buatlah usaha Anda menjadi lebih besar lagi.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya