Menyibak 10 Ritual Cantik Wanita Korea

Ilustrasi Korea Selatan
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji

VIVA.co.id - Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana generasi wanita Korea seakan kebal dari hukum fisika dan memiliki kulit yang selalu tampak awet muda? Tentu, hal itu sedikit banyak juga berkat faktor genetik, namun ada ritual perawatan kulit khusus yang membuat kulit wanita Korea bersinar dan nyaris tanpa cela.

Daun Cabai Mampu Atasi Masalah Kulit
Coba perhatikan para artis Korea yang rata-rata terlihat setidaknya satu dekade lebih muda dari usia mereka. Kulit yang sehat dan terawat menjadi salah satu faktor utama tampilan wajah yang awet muda. Seiring dengan kepopuleran industri hiburan Korea atau Kpop yang meroket, baik kuliner, budaya dan produk kecantikan Korea pun turut menjadi fenomena.
 
Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial
Anda pasti telah melihat sejumlah inovasi Korea dalam dunia kecantikan yang selalu berhasil menguasai pasar dan bahkan menjadi tren. Tengok saja fenomena BB Cream yang terjadi sekitar tahun 2011 lalu.
 
Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah
Sejak itu, dunia perawatan kecantikan tak pernah sepi dari produk dan inovasi dari Korea. Bahkan, kecantikan wanita Korea pernah menjadi salah satu kata kunci paling populer di mesin pencari Google pada tahun 2014 lalu.
 
Tampaknya ada begitu banyak orang yang penasaran akan rahasia kecantikan kulit wanita Korea. Dan apapun yang dilakukan masyarakat Korea pada kulit wajah mereka, mereka melakukannya dengan benar.
 
Kulit = investasi
 
Ya, wanita Korea memang begitu terobsesi dengan kecantikan kulit. Jika di Indonesia perawatan kulit adalah suatu kemewahan, di Korea hal ini merupakan kewajiban setiap orang. Bahkan tak terkecuali kaum pria. Bagi banyak orang Korea, kecantikan kulit adalah investasi berharga di masa depan.
 
Mereka juga mengemas produk perawatan kulit menjadi sesuatu yang menyenangkan. Rangkaian produk perawatan kulit Korea umumnya dikemas dengan kemasan dan gambar yang lucu, sehingga menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Beberapa inovasi produk perawatan kecantikan yang kini telah booming di dunia internasional antara lain eye patch, lip patch, chin patch, facial mist dan masker wajah.
 
Kecantikan kulit para kaum hawa di Korea juga membuat gaya riasan mereka jauh berbeda dengan gaya riasan Amerika yang tebal dan menitikberatkan pada metode contouring. Karena sudah memiliki kulit yang halus dan cerah, riasan wanita Korea cenderung tipis dan menonjolkan kecantikan kulit alami.
 
Dokter kulit dan kecantikan dr. Connie M, Sp.KK mengatakan bahwa Korea Selatan termasuk negara di Asia yang sangat peduli terhadap perawatan kulit dan kecantikan. Tidak hanya dari jumlah operasi plastik yang terbanyak di dunia, Korea juga menghasilkan berbagai macam produk perawatan kulit maupun kosmetik yang saat ini sedang digemari atau menjadi tren di Asia termasuk Indonesia.
 
"Saya rasa produk kosmetik dari Korea cukup digemari di Indonesia, dapat dilihat dari semakin banyaknya gerai-gerai produk kosmetik yang berasal dari Korea. Umumnya produk yang sering digunakan antara lain BB cream, CC cream, masker dan lain-lain," ujar dr. Connie.
 
Ia mengatakan bahwa produk perawatan kulit Korea biasanya menawarkan lebih banyak pilihan rangkaian perawatan dengan harga yang lebih terjangkau dan tampilan atau kemasan yang menarik. 
 
Ritual perawatan kulit di malam hari
 
Kulit ideal bagi wanita Korea adalah kulit yang halus, lembut, kenyal, elastis, bebas flek hitam dan bekas jerawat, kulit dengan pori-pori yang tak terlihat, kulit dengan warna yang rata dan yang terpenting adalah, kulit yang begitu cerahnya hingga hampir terlihat transparan.
 
Nah, bicara tentang ritual perawatan kulit, wanita Korea tak hanya menggunakan krim malam. Sedikitnya terdapat 10 produk perawatan kecantikan yang digunakan setiap malam sebelum tidur.
 
"Umumnya, metode perawatan kulit Korea menganut lima hingga 10 langkah antara lain mengaplikasikan cleansing oil, facial wash atau facial foam, toner, eye cream, sheet mask, essence atau serum, emulsion spot, treatment cream, hingga sleeping pack," ujar dr. Connie.
 
Berikut ini adalah 10 langkahnya secara berurutan.
 
1. Membersihkan riasan
 
Ritual perawatan kulit wajah wanita Korea di malam hari dimulai dengan membersihkan riasan menggunakan cairan pembersih make-up. Hampir setiap merek kosmetik memiliki produk pembersih riasan. Cara menggunakannya adalah dengan menuangkan sedikit cairan ke selembar kapas dan usapkan pada seluruh permukaan wajah untuk menghapus riasan.
 
2. Mencuci muka
 
Langkah kedua adalah dengan membasuh muka menggunakan air bersih dan mencucinya dengan sabun pembersih muka. Orang Korea umumnya menggunakan dua jenis sabun pembersih muka, yaitu pembersih berbasis minyak yang mampu mengangkat seluruh kotoran, keringat dan sisa riasan dan pembersih berbusa yang akan mengangkat seluruh kotoran di pori-pori kulit.
 
Jika Anda sering melihat drama atau acara kecantikan Korea, Anda akan mengetahui bahwa para wanita Negeri Ginseng terbiasa mencuci wajah mereka dalam waktu yang lebih lama daripada biasanya. Mereka juga akan mencuci muka dengan gerakan sirkular atau memutar sambil memijat kulit dengan lembut.
 
Dilansir dari Kpopstarz, aktris sekaligus personel girlband Miss A, Suzy pernah mengungkapkan pentingnya mencuci muka. Dia menggunakan sabun pembersih berbasis minyak dan busa untuk mencuci muka. Namun, kekasih Lee Min ho tersebut mengatakan bahwa manfaat mencuci muka pada kecantikan kulit bukan hanya terletak pada produk pembersihnya, melainkan pijatan yang dilakukan saat mencuci muka.
 
Ia biasa mencuci dan memijat kulit wajah selama enam menit. Menurut dia, memijat kulit wajah saat mencuci muka mampu mengaktivasi sel-sel kulit baik dan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Itulah yang membuat kulit wajahnya begitu mulus dan segar.
 
3. Exfoliator
 
Setelah kulit wajah bersih dan kering, langkah ketiga adalah mengaplikasikan exfoliator. Produk ini bisa berbentuk sabun pembersih wajah atau masker, dan biasanya memiliki butiran-butiran halus yang mampu membantu mengangkat atau mengikis lapisan sel kulit mati. Exfoliator juga penting untuk mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.
 
Meski begitu, langkah ini tak melulu harus dilakukan setiap hari. Anda bisa melewatinya ketika kulit sedang dalam kondisi sensitif atau ketika Anda kurang berkeringat akibat cuaca yang dingin. Jika dua hal tadi terjadi, Anda bisa menggunakan exfoliator hanya dua atau tiga kali dalam seminggu.
 
4. Toner atau refreshner
 
Menurut dr. Connie, toner atau refreshner dapat digunakan untuk membersihkan wajah dari sisa makeup, kotoran, dan minyak yang tidak berhasil dibersihkan oleh pembersih wajah atau cleansing milk. Toner juga dapat memberikan sensasi segar pada wajah serta mengembalikan keseimbangan pH kulit wajah. Dengan pH yang seimbang, kulit Anda akan semakin siap menyerap pelembap dan nutrisi lain yang diberikan produk-produk perawatan kulit yang akan diaplikasikan di beberapa langkah selanjutnya.
 
5. Essence
 
Langkah kelima adalah dengan menggunakan essence, cairan yang mengandung bahan aktif berkonsentrasi tinggi yang ditujukan untuk memberi nutrisi dan kelembapan pada kulit. Umumnya, setiap produk essence mengandung bahan yang mampu membuat kulit awet muda, mencerahkankan kulit dan beberapa memberikan efek anti kerut.
 
Wanita Korea biasanya menggunakannya dengan cara menuangkan sedikit cairan essence ke telapak tangan dan mengaplikasikannya pada kulit wajah secara merata dengan menepuk-nepukkan telapak tangan dengan lembut ke kulit.
 
6. Serum atau ampoule
 
Lapisan selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah penggunaan serum. Jika selama ini banyak merk produk perawatan kecantikan dari AS, Eropa dan Jepang yang menyebutnya serum, orang Korea menyebutnya dengan ampoule. Produk satu ini memiliki fungsi yang mirip dengan essence namun memiliki konsistensi berbeda dan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi. 
 
7. Masker
 
Penggunaan mask sheet atau masker berbentuk lembaran sejenis tisu menjadi langkah ketujuh dan tak kalah penting, terutama untuk menenangkan kulit, mengurangi kemerahan setelah prosedur atau tindakan perawatan kulit tertentu, meremajakan kulit dan memberikan tampilan kulit yang segar. Begitu banyak jenis mask sheet Korea yang tersedia di pasaran
 
Umumnya mereka mengandung ekstrak bahan-bahan alami yang manfaatnya berbeda-beda, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit, mulai dari shea butter, ginseng merah, rumput laut, buah delima, blueberry, buah zaitun, air fermentasi beras, teh hijau dan masih banyak lagi. Masker ini juga tidak lazim digunakan setiap hari, melainkan hanya satu atau dua kali dalam seminggu.
 
8. Krim mata
 
Krim mata yang bagus mungkin akan mengklaim mampu memberikan sejumlah manfaat tertentu. Namun, kebanyakan wanita Korea menggunakan krim mata untuk satu tujuan, yakni membuat mata terlihat awet muda. Itulah mengapa banyak krim mata buatan Korea yang mengandung kolagen serta bahan lain yang mampu membantu mengurangi dan mencegah kerutan di aera mata.
 
9. Emulsion
 
Setelah kulit dibersihkan, di-exfoliate dan diberi nutrisi, kini adalah waktu yang tepat untuk mengunci seluruh nutrisi tadi dengan emulsion. Bagi Anda yang belum tahu, emulsion adalah sejenis pelembap ringan yang konsistensinya tidak terlalu pekat. Produk ini akan menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang malam sehingga saat bangun tidur, kulit Anda tetap kenyal, segar dan bercahaya.
 
10. Krim malam
 
Lapisan sekaligus langkah terakhir adalah krim malam yang konsistensi serta teksturnya paling pekat dan berat. Aplikasikan secara merata untuk menutrisi dan memperbaiki sel-sel kulit wajah saat Anda beristirahat.
 
Kesepuluh langkah tadi terkadang dirasa kurang cukup. Tak heran jika banyak wanita Korea yang menggunakan lebih dari 10 produk untuk merawat kulitnya setiap malam.
 
Umumnya, mereka menentukan produk mana yang diaplikasikan lebih dulu dengan melihat konsistensi dan tekstur produknya. Dalam ritual perawatan kulit wajah ini, produk dengan konsistensi yang paling cair diaplikasikan lebih dulu dan yang paling pekat atau kental diaplikasikan paling akhir.
 
Perlu dilakukan atau tidak?
 
Meski terdengar menjanjikan, Anda ternyata tak disarankan untuk melakukan 10 rangkaian atau lebih ritual perawatan kulit yang biasa dilakukan wanita Korea. Itu karena tidak seluruh produk tadi dibutuhkan oleh kulit Anda. Apalagi jika Anda memiliki jenis kulit sensitif. Dr. Connie mengatakan bahwa pemakaian produk perawatan kulit bergantung pada kondisi kulit masing-masing individu dan tidak bisa digeneralisasi.
 
"Pemakaian produk perawatan yang tidak tepat dan berlebihan justru dapat memimbulkan masalah pada kulit. Selain itu, banyak produk yang memiliki fungsi yang sama atau saling tumpang tindih, sehingga pemakaian bermacam-macam produk justru tidak akan menambah manfaat pada kulit, bahkan cenderung membuang uang," kata dr. Connie.
 
Ia pun menambahkan bahwa kulit wanita Korea yang putih dan mulus sempurna juga tidak didapat semata-mata dari hasil perawatan kulit yang sedemikian rupa, melainkan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya genetik yang membuat kulit mereka berpori-pori kecil dan berwarna cerah tanpa harus melakukan banyak usaha perawatan. Kemudian ada pula faktor lingkungan dan makanan yang juga sangat menentukan kondisi kulit orang Korea.
 
"Iklim yang intensitas sinar mataharinya rendah dan kualitas udara yang bagus di sana menyebabkan kulit mereka minim risiko terpapar radikal bebas. Selain itu juga karena bahan makanan yang mereka konsumsi sudah berkualitas. Sayuran, buah, ikan, dan hasil ternak tidak terlalu banyak tercemar logam berat berkat manajemen lingkungan yang baik," ujar dr. Connie.
 
Ia pun memberikan tips mudah untuk memiliki kulit yang sehat dan cantik tanpa repot, yakni cukup dengan membersihkan wajah sebelum tidur dan memakai krim malam.
 
"Krim malam bertujuan untuk memperbaiki kulit, meremajakan dan meregenerasi kulit. Karena pada saat malam harilah kulit bekerja menperbaiki diri," ucap dr. Connie.
 
Tak hanya di malam hari, mengaplikasikan krim pagi atau siang juga sama pentingnya untuk melembabkan atau melindungi kulit dari faktor lingkungan yang merusak kulit, seperti sinar ultraviolet.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya