Lima Cara Jitu untuk Bereskan Utang Usai Berlibur

Ilustrasi liburan keluarga.
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Berlibur merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk membuat tubuh dan pikiran kembali segar. Karena itu, banyak orang yang menjadikan liburan sebagai salah satu target yang ingin dicapai selama periode tertentu, misalnya berlibur ke luar negeri setahun sekali.

Hal ini, tentu saja membuat banyak orang tergoda dengan berbagai cara untuk mendapatkan uang, agar bisa berlibur panjang. Salah satu cara tercepat untuk mendapatkannya adalah dengan menggunakan pinjaman. Pinjaman ini juga ada berbagai bentuk, misalnya dari bank, dari perusahaan tempat kamu bekerja, atau mungkin dari teman sendiri.

Nah, sayangnya, liburan yang tidak produktif, dalam arti tidak mendatangkan uang, tentu akan mengakibatkan uang yang dipinjam habis seketika tanpa memberikan manfaat finansial ke depannya. Kalau kamu sudah terlanjur menggunakan pinjaman untuk berlibur, dan tidak punya dana segar untuk melunasinya, gunakan lima cara jitu ini untuk melunasinya:

1. Coba cairkan produk investasi

Kalau kamu sudah memiliki investasi seperti emas atau deposito, kamu bisa melakukan pencairan atas produk tersebut untuk melunasi pinjaman. Pinjaman sebaiknya cepat dilunasi, agar tidak menimbulkan beban bunga yang besar jika ditunda terus.

Setelah kamu berhasil melunasi pinjaman tersebut, jangan lupa untuk menyisihkan penghasilan dan memulai investasi kembali. Produk investasi memiliki nilai manfaat keuangan jangka panjang, sehingga cukup penting untuk kamu miliki.

2. Cairkan simpanan tabungan

Tabungan dibentuk tentunya untuk suatu tujuan, seperti tabungan pendidikan, atau tabungan pensiun. Kalau kamu memiliki tabungan dana darurat dan pinjaman sudah mendesak untuk dilunasi, kamu bisa saja menggunakan tabungan dana darurat tersebut agar tidak terjerat bunga utang.

Perlu diingat bahwa sebenarnya akan lebih bijak, jika sejak awal kamu menggunakan tabungan untuk berlibur, bukannya dengan utang (karena utang dapat berbunga).

Kalau pinjaman yang diperoleh berasal dari keluarga, sebaiknya kamu bernegosiasi, agar jangka waktu pelunasan pinjaman diperpanjang. Tetapi, kamu harus memiliki komitmen untuk melunasinya dari penghasilan sehari-hari.

Baca juga: Jurus Ampuh Anti-Boros Meski Punya Kartu Kredit Banyak!

3. Cobalah bernegosiasi untuk memperpanjang masa pelunasan

Kalau kamu tidak memiliki tabungan atau dana segar lain, ataupun uang yang kamu peroleh dari pegadaian tidak cukup, maka mau tidak mau kamu perlu melunasinya dari penghasilan sehari-hari. Cobalah negosiasikan dengan pihak peminjam untuk memperpanjang masa pelunasan tanpa bunga.

Sebelum melakukan negosiasi, kaji dulu kondisi keuangan agar dapat menentukan lama waktu yang diperlukan untuk melunasi pinjaman tersebut.

Baca juga: Enam Trik Cerdas untuk Dapatkan Kursi Pesawat Kelas Bisnis dengan Harga Ekonomis!

4. Jual, atau gadaikan barang-barang yang tidak diperlukan

Cara lain untuk mendapatkan uang dengan cepat adalah dengan menggadaikan barang. Kamu bisa menggadaikan perabotan, perhiasan, atau benda lain untuk mendapatkan dana segar. Kalau sudah melunasi pinjaman dan arus kas sudah stabil, kamu bisa menebus barang yang digadai.

Cara lainnya, kamu bisa jual barang-barang tersebut di situs penjualan barang bekas, meski kemungkinan uang yang diperoleh tidak datang secepat dari menggadaikan barang.

5. Ajukan pemutihan pinjaman

Cara terakhir adalah meminta, agar pinjaman kamu diputihkan, namun hal ini tentunya tidak mudah. Jika pinjaman berasal dari keluarga, kamu bisa mencoba negosiasi dengan mengganti pelunasan pinjaman tersebut dengan hal lain.

Misalnya, memberikan kursus pelajaran gratis untuk anak tante kamu, atau membantu usahanya tanpa dibayar untuk beberapa periode yang disepakati.

Baca juga: Simak Tips Membuat Perencanaan Keuangan Keluarga Mudah Berikut!

Jadi, jangan gunakan pinjaman untuk hal yang konsumtif seperti liburan. Namun, jika kamu memang memiliki dana segar, sebaiknya gunakan dana tersebur untuk berlibur.

Jangan lupa untuk terapkan prinsip hidup hemat, agar kamu bisa mengumpulkan lebih banyak dana segar sebagai persiapan berlibur.

Untuk pergi berlibur, selain menggunakan tabungan, kamu juga bisa memanfaatkan promo yang diberikan dengan menggunakan kartu kredit. Carilah kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan kamu, agar kamu tetap dapat berhemat. Gunakan situs perbandingan produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah melakukannya. (asp)

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016