Perkotaan Masih Jadi Pilihan Utama Para Dokter

Anggota Komisi IX DPR RI Andi Fauziah Pujiwatie Hatta
Sumber :

VIVA.co.id – Jumlah lulusan dari fakultas kedokteran di Indonesia begitu melimpah setiap tahun. Persoalannya selalu distribusi dokter yang tidak merata untuk memberi layanan kesehatan kepada masyarakat pedesaan. Daerah perkotaan masih menjadi daya tarik para dokter untuk berpraktik. Ini sudah menjadi persoalan klasik. Ironis, ketika jumlah dokter melimpah, tapi daerah pedesaan kekurangan dokter.

Ketua Jokowi Mania Masuk Partai Golkar?

Anggota Komisi IX DPR RI Andi Fauziah Pujiwatie Hatta mengomentari fenomena distribusi tenaga dokter yang tidak merata ini. Ditemui sebelum mengikuti Rapat Paripurna DPR, Rabu 6 April 2016.

Ichi sapaan akrab politisi Partai Golkar ini mengatakan,wilayah perkotaan masih tetap menjadi pilihan para dokter. Di kota para dokter bisa lebih mengembangkan profesinya, selain juga mendapat materi yang cukup banyak.

Aburizal Bakrie Dukung Semangat Anak Muda Lalui Pandemi COVID-19

“Praktik di kota bagi dokter lebih menyenangkan. Selain pasiennya banyak, juga mendatangkan materi yang cukup. Hal ini diakui oleh banyak dokter dari teman-teman saya,” ujar Ichi. Fenomena ketimpangan seperti ini, sambungnya, belum teratasi oleh pemerintah hingga sekarang.

Seperti diketahui, pemerintah sendiri menargetkan rasio yang ideal untuk pemerataan tenaga dokter. Rasionya adalah 1:2500, atau 1 dokter untuk 2500 orang. Di luar negeri rasionya 1:1000. Bahkan, pemerintah juga merilis rasio terbaru, yaitu 41:100.000. Dengan asumsi penduduk Indonesia sekitar 255,4 juta jiwa, maka Indonesia membutuhkan 104.739 tenaga dokter. Menurut Ichi, rasio 41:100.000 belum ideal. Mungkin yang lebih ideal sekitar 30:100.000. (www.dpr.go.id)

Gerindra dan Golkar Koalisi Usung BHS di Pilkada Sidoarjo
Ilustrasi-Pilkada Serentak di Indonesia

Pilkada 2020, Demokrat dan Golkar Sepakat Usung 33 Paslon

Ketum Partai Demokrat AHY menemui Ketum Partai Golkar Airlangga

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020