18 Negara Ini Tak Budayakan Tip untuk Pelayan

Slovenia
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA.co.id – Amerika Serikat adalah tippers (pemberi uang tip) paling dermawan di dunia, menurut sebuah survei yang dilakukan oleh situs wisata TripAdvisor.

Gerard Pique Unggah Slip Gaji Usai Dituduh Terima Bayaran Tinggi

Dilansir dari BusinessInsider, Kamis 7 April 2016, sebanyak 60 persen orang Amerika mengatakan memberikan tip untuk layanan.

Namun, kebanyakan pelayanan di negara-negara di seluruh dunia tidak berharap untuk memberikan tip sebagai balasan atas layanan yang dterima alasanya, karena pelayan sudah diberi gaji. 

Viral Slip Gaji Lisa Amelia, Rio Renaldo Minta Maaf

Misalnya, menurut PayScale upah rata-rata untuk seorang pelayan di Australia adalah US$15 per jam. Sedangkan di AS, upah minimal hanya US$2,13 per jam, dan setidaknya US$30 per bulan, sehingga pelayan pada dasarnya mengandalkan tip ini untuk mencari nafkah.

Dengan bantuan dari TripAdvisor, BusinessInsider telah membuat daftar negara-negara di mana tip tidak menjadi standar. Namun, dalam hampir semua kasus, Anda dapat memberikan tip kepada seseorang secara langsung jika merasa layanan mereka luar biasa. 

Viral Lisa Amelia Dipecat Gara-gara Posting Slip Gaji

Berikut ini adalah negara-negara yang tidak harus memberikan tip. 

1. Australia

Biasanya, ada biaya pelayanan pajak pada tagihan Anda, dan setiap tip tambahan sepenuhnya sukarela. Rata-rata upah untuk server di Australia adalah US$15,38 per jam, dan pelayan mendapatkan manfaat sebagai bagian dari pekerjaan mereka.

2. Belgia 

Menurut TripAdvisor, memberikan tip di Belgia tidak umum. Kebanyakan sektor jasa, termasuk biaya layanan mereka masuk dalam tagihan di restoran, salon, dan taksi.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/04/07/375868_china_663_382.jpg

3. China 

Memberikan tip dapat sedikit membingungkan di China. Memberikan tip dilarang untuk sopir taksi, karena dianggap tidak sopan. 

Tetapi, karena industri pariwisata booming, pemandu wisata lebih mengandalkan tips untuk pendapatan mereka.

4. Denmark

Menurut hukum Denmark, tip termasuk untuk pelayan sudah dimasukkan pada harga di restoran. Upah di Denmark yang tinggi, sehingga biaya tips layanan tidak diizinkan untuk tagihan. 

5. Estonia

Biaya layanan dan tips tidak diizinkan untuk dimasukkan pada tagihan di Estonia. Jadi, Anda tinggal meninggalkan tempat duduk tanpa memberi tip.

6. Finlandia

Layanan selalu disertakan pada tagihan, sehingga tidak ada tip diperlukan, atau diharapkan di Finlandia.

7. Prancis

Di Prancis, akan selalu ada biaya pelayanan pada tagihan Anda. Restoran sudah memasukkannya ke dalam harga, sehingga Anda tidak diwajibkan untuk meninggalkan tip sama sekali.

8. Islandia

Biaya jasa yang melekat pada hampir segala sesuatu di Islandia, termasuk restoran, kafe, dan taksi, sehingga Anda tidak diharapkan untuk meninggalkan tip tambahan.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/04/07/375939_italia_663_382.jpg

9. Italia

Sebuah biaya senilai 1-3 Euro biasanya ditambahkan ke tagihan untuk layanan di Italia, sehingga Anda tidak perlu meninggalkan tambahan. 

10. Jepang

Di Jepang, beberapa pelayan yang merupakan penduduk asli mungkin akan menolak saat Anda memberikan tip. Tetapi, jika Anda memasukan ke dalam amplop mungkin akan diterima. 

11. Malaysia

Hal ini tidak berlaku di restoran di Malaysia. Karena sebuah service charge 10 persen sudah akan ditambahkan ke tagihan dan dimaksudkan untuk menutupi tipping dan biaya lainnya. 

12. Selandia Baru

Tip tidak berlaku di Selandia Baru. Sebagian besar penduduk setempat tidak memberi tip, karena staf pelayanan dibayar dengan baik. 

13. Singapura

Tip di Singapura tidak umum dan tidak akan membuat perbedaan untuk staf, karena restoran biasanya menyimpan apa yang tersisa di atas meja. Biasanya ada biaya layanan 10 persen ditempelkan pada tagihan.

14. Slovenia

Ini bukan kewajiban untuk tip di Slovenia, tetapi akan dihargai.

15. Korea Selatan

Tip tidak diharapkan di Korea Selatan. Biasanya ada service charge pada tagihan.

  1. Swedia

Tip tidak wajib, dan biasanya ada biaya 10 persen sudah ada dalam tagihan saat berbelanja di Swedia. 

17. Swiss

Di negara ini, tip tidak berlaku karena semua semua staf dan pelayan sudah dibayar dengan baik. Biasanya ada juga biaya pelayanan pada tagihan, sehingga Anda tidak perlu meninggalkan tambahan.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/04/07/375941_vietnam_663_382.jpg

18. Vietnam

Tip bukan merupakan bagian dari budaya Vietnam. Biaya layanan biasanya akan dikenakan di restoran kelas atas, serta hotel gaya Barat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya